Menparekraf ungkap tren pariwisata berkelanjutan usai pandemi

id Menparekraf RI,Tourism Investment Forum (ITIF) 2023,Pariwisata bali,Destinasi wisata indonesia,Tujuan wisata favorit dun,Bali

Menparekraf ungkap tren pariwisata berkelanjutan usai pandemi

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ditemani Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menjelaskan pariwisata berkelanjutan, usai membuka International Tourism Investment Forum (ITIF) 2023, di Merusaka Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (26/7/2023). ANTARA/Naufal Fikri Yusuf

Badung (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan pascapandemi COVID-19, wisatawan lebih cenderung memilih destinasi yang mengedepankan pariwisata yang berkelanjutan lingkungan dan berskala kecil.

Karena itu, dalam pembukaan International Tourism Investment Forum (ITIF) 2023 di Merusaka Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu, Sandiaga mengajak investor untuk mengedepankan investasi hijau sebagai pilihan utama dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia.

"Kita percaya investasi setelah COVID-19 mengedepankan investasi yang personalized, localized, bigger impact but smaller in size. Selain itu, investasi ini mengacu pada investasi hijau dan ini adalah masa depan ekonomi kita," kata Sandiaga dalam sambutannya.

Menurutnya, hal yang sama juga terjadi pada tren investasi pariwisata yang bergeser pada investasi pariwisata hijau. Investasi hijau yang dimaksud adalah investasi yang mengedepankan keberlangsungan dan keberlanjutan lingkungan di sektor pariwisata dan tren ini akan terus berlanjut di masa mendatang.

Selain itu, berdasarkan data yang ia peroleh, pada tahun 2022, Indonesia memperoleh dana investasi asing langsung (Foreign Direct Investment/FDI) di sektor pariwisata sebesar 225,28 miliar dolar AS, dan investasi langsung domestik (Domestic Direct Investment) sebesar 577,87 miliar dolar AS, serta pada kuartal pertama 2023, Indonesia memperoleh investasi sebesar 803,15 miliar dolar AS.

Sandiaga berharap ITIF menjadi ajang untuk berbagi pengalaman dan ide antara investor dengan para stakeholder terkait dalam rangka pengembangan pariwisata berkelanjutan di Indonesia terlebih, Indonesia memiliki keunggulan dalam hal kekayaan alam dan budaya.

Oleh karena itu, di masa pandemi COVID-19 Kemenparekraf mengembangkan protokol CHSE (cleanliness, health, safety, and environmental sustainability) sebagai upaya meningkatkan kepercayaan wisatawan dan investor sebagai upaya mengembangkan sektor pariwisata yang berkelanjutan lingkungan.

"Kita harus berpikir out of the box dalam mengembangkan potensi pariwisata yang ada. Karena pariwisata bukanlah suatu masalah, melainkan pariwisata adalah bagian dari solusi (ekonomi) pascapandemi," katanya.

Baca juga: Wisata petualangan dapat dorong industri wisata
Baca juga: WSBK dihapus, Menparekraf minta InJourney kaji kembali


Selain membuka ITIF 2023, Menparekraf Sandiaga juga menyaksikan penandatanganan letter of intent (LoI) antara Nimo Enterprise and Mitra Jaya Realty dengan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT).

Dalam acara itu, Menparekraf Sandiaga didampingi Wamenparekraf/Wakabaparekraf Angela Tanoesoedibjo, Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani, serta sejumlah pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenparekraf. Turut hadir pula Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati dan Kepala Dinas Pariwisata Bali Tjok Bagus Pemayun.