Di sejumlah titik Dishub Kota Medan pasang LPJ

id LPJU di Medan,Lampu penerangan,Dinas Perhubungan Kota Medan

Di sejumlah titik Dishub Kota Medan pasang LPJ

Sejumlah personel Dinas Perhubungan Kota Medan memasang tiang LPJU. (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Medan)

Medan (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Medan, Sumatera Utara, melakukan pemasangan lampu penerangan jalan umum (LPJU) di sejumlah titik di daerah ini. Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Iswar Lubis di Medan, Rabu, mengatakan pemasangan LPJU tersebut untuk mewujudkan Program Medan Terang.

"Kami juga mohon maaf karena masyarakat jadi terganggu. Alhamdulillah telah selesai, jadi kita pasang kembali LPJU di beberapa lokasi yang tadinya sempat gelap," ujarnya.

Ia menyebutkan pemasangan LPJU ini merupakan bagian dari pemasangan sebanyak 569 unit LPJU baru di 21 kecamatan di Kota Medan. Dinas Perhubungan Kota Medan telah menerima laporan 9.018 pengaduan gangguan LPJU di Kota Medan, di antaranya 8.753 kasus harus diselesaikan karena rusak.

Ia juga mengaku berkolaborasi dengan Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan guna pemangkasan pohon untuk mendukung pencahayaan LPJU yang dipasang.

"Di beberapa ruas jalan pencahayaan lampu tak maksimal karena terhalang dahan, sehingga bantuan Dinas SDABMBK dahan-dahan itu dipotong untuk pencahayaan lebih maksimal," ungkap dia. Iswar juga menyebut personel melakukan perbaikan lampu penerangan dan jaringan yang putus serta perawatan LPJU.

Data Pemkot Medan pada Maret lalu, ibu kota Provinsi Sumatera Utara itu membutuhkan 124.038 titik LPJU untuk mewujudkan Program Medan Terang. Dari total cakupan itu, telah terbangun dan beroperasi 94.312 titik LPJU dengan 20.963 titik LPJU di antaranya jenis LED.

Baca juga: Tersangka korupsi KONI Dompu melaporkan pencurian berkas LPj dana hibah
Baca juga: Korupsi dana desa ratusan juta, mantan Kades Terong Tawah divonis empat tahun penjara


"Kita berharap dipasangnya LPJU di Kota Medan bisa kembali terang dan diharapkan dapat meminimalisir angka kriminalitas yang terjadi di Kota Medan," kata dia.