Disperinkop Mataram menyiapkan pembangunan industri pengolahan ikan

id Mataram akan bangun rumah industri ikan

Disperinkop Mataram menyiapkan pembangunan industri pengolahan ikan

Pejabat Pelaksana Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram sekaligus Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram Uun Pujianto. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Perindustrian Koperasi (Disprinkop) dan UKM Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, telah menyiapkan konsep pembangunan rumah industri pengolahan ikan untuk memberikan nilai tambah dan peningkatan ekonomi nelayan.

"Untuk kebutuhan anggaran pembangunan rumah industri pengolahan ikan, sudah kita usulkan ke Kementerian Perindustrian sebesar Rp9 miliar," kata Pejabat Pelaksana Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kota Mataram Uun Pujianto di Mataram, Selasa.

Uun yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram ini mengatakan, lokasi pembangunan rumah industri pengolahan ikan berada di Jalan Saleh Sungkar Kebon Talo, Ampenan.

Kawasan tersebut dipilih agar dekat dengan kampung nelayan, sehingga nelayan bisa dengan mudah mengolah berbagai ikan hasil tangkapan menjadi makanan yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi.

"Ketika hasil tangkapan banyak, nelayan bisa memanfaatkan rumah industri pengolahan ikan untuk mengolah hasil tangkapan," katanya.

Misalnya, mengolah ikan menjadi bakso, nuget, kerupuk, abon dan lainnya sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan ikan dijual langsung.

Menurutnya, dengan anggaran Rp9 miliar yang diusulkan itu selain untuk pembangunan fisik, juga untuk pengadaan berbagai fasilitas dan peralatan pendukung.

"Seperti alat membuat bakso, membuat abon, dan fasilitas lainnya," katanya.