Pemprov Jakarta sebut tiga gedung swasta di Jakarta pasang kabut air

id Pemprov DKI ,Satgas penanganan udara,Jakarta ,Polusi udara

Pemprov Jakarta sebut tiga gedung swasta di Jakarta pasang kabut air

Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin meninjau pengoperasian mesin "water mist" di atap Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kamis (7/9/2023). (ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi)

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyebut sampai saat ini sudah tiga gedung tinggi milik perusahaan swasta di Jakarta yang memasang generator kabur air (water mist generator).

"Ya, tiga gedung swasta sudah pasang," kata Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta, Erni Pelita Fitratunnisa saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu.

Ketiga gedung milik swasta yang telah memasang water mist generator itu antara lain PT United Tractors, PT Pamapersada, dan PT Soho Global Health. "Jumlahnya baru tiga perusahaan itu," kata Erni.

Hal ini karena produsen water mist generator baru ada satu, lantas bahan baku dari alat tersebut di pasaran juga masih terbatas, jelas Erni.

Adapun gedung bertingkat yang diminta untuk memasang water mist generator yaitu berlantai delapan atau berketinggian 20-200 meter. Sedangkan gedung-gedung Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) masih dalam proses.

Lebih lanjut, Juru Bicara Satgas Pengendalian Pencemaran Udara Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta Ani Ruspitawati memastikan hampir semua pihak swasta bersedia memasang water mist generator di gedung miliknya.

Sesuai arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, gedung-gedung tinggi lainnya secepatnya melengkapi water mist.

Imbauan tersebut sebelumnya disampaikan Pemerintah Kota Jakarta Selatan (Pemkot Jaksel) kepada para pemilik gedung.

Baca juga: Polda Kalteng edukasi warga terkait penangkapan ikan ilegal
Baca juga: Bogor lakukan penyesuaian jam kerja tekan polusi udara


"Ya, kami berharap seperti itu (sebelum 11 September terpasang). Gedung-gedung swasta sudah siap untuk menyelenggarakan kabut air sendiri. Nanti itu akan dikonfirmasi lebih lanjut. Intinya semuanya kita sudah komitmen untuk memasang kabut air," ucap Ani.