SMKN 1 Gunung Sari Lobar perkenalkan inovasi konsep rumah pintar

id SMKN 1 Gunungsari,SMKN 1,Lombok Barat

SMKN 1 Gunung Sari Lobar perkenalkan inovasi konsep rumah pintar

SMK Negeri 1 Gunung Sari, Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat (NTB), memperkenalkan konsep inovasi rumah pintar dalam ajang NTB Expo 2023, yang diberi nama Home Electricity Controller (Hocker). 

Mataram (ANTARA) - SMK Negeri 1 Gunung Sari, Lombok Barat (Lobar), Nusa Tenggara Barat (NTB), memperkenalkan konsep inovasi rumah pintar dalam ajang NTB Expo 2023, yang diberi nama Home Electricity Controller (Hocker). 

Konsep rumah pintar yang diusung memanfaatkan Internet of Think (IoT) yang terintegrasi dalam aplikasi yang dapat di kontrol langsung menggunakan gawai (HP) 

"Kalau dahulu pakai arduino tapi menggunakan remote. Kalau ini tinggal kita atur langsung menggunakan HP," kata Imam Supardi, guru sekaligus pembina tim perancang saat ditemui, Kamis.

Imam mengatakan, ide awalnya dari keinginan sekolahnya menciptakan inovasi yang dapat memudahkan masyarakat ketika berada maupun jauh dari rumah.

"Sederhananya, kami ingin memudahkan masyarakat dalam mengontrol rumah mereka hanya dengan satu sentuhan," tambahnya.

Ia menambahkan, sejauh ini inovasi yang mereka ciptakan masih dalam bentuk prototipe, hanya saja tidak menutup kemungkinan jika ada masyarakat yang berminat, akan dipasangkan langsung.

Didampingi oleh dua siswa binaannya, Rozinul Arkan dan Nazrul Hamdi, ia mengatakan sebelumnya mereka menciptakan Radio Frecuency Identity (RFId) yang dapat digunakan untuk membuka kunci pintu hotel.

"Ini inovasi kedua kami, sebelumnya kami buat Radio Frekuensi Identitas (RFId), misalnya kalau mau buka pintu hotel bisa pakai itu, ungkapnya. 

Kedepan, sekolahnya akan terus melakukan riset dan pengembangan, dengan tujuan inovasi mereka saat ini dapat diimpelemntasikan dan dikomersialkan langsung di dalam rumah.