Pemkot Mataram menyiapkan bazar kuliner saat MotoGP Lombok

id Bazar kuliner MotoGP Mataram

Pemkot Mataram menyiapkan bazar kuliner saat MotoGP Lombok

Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram Uun Pujianto. ANTARA/Nirkomala

Mataram, NTB (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyiapkan kegiatan bazar kuliner bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) saat kegiatan MotoGP Lombok di Sirkuit Mandalika pada 13-15 Oktober 2023.

"Bazar kuliner kita jadwalkan selama tiga hari juga yakni pada 13-15 Oktober 2023 di Jalan Flamboyan atau samping timur Lapangan Sangkareang," kata Pejabat Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Mataram Uun Pujianto di Mataram, NTB, Selasa.

Uun yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram mengatakan di sepanjang Jalan Flamboyan pihaknya akan menyiapkan fasilitas tenda bazar sekitar 30-40 lapak.

"Satu tenda bisa dimanfaatkan dua hingga tiga UMKM," katanya.

Menurutnya, untuk bazar kuliner tersebut hanya melibatkan pelaku UMKM kuliner bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Mataram, sebab sebagai daerah penyangga MotoGP, yang paling dibutuhkan tamu, saat itu adalah kuliner.

"Jadi, berbagai kuliner khas dan produk unggulan UMKM daerah akan kita siapkan di bazar tersebut," katanya.

Beberapa kuliner khas dan produk unggulan di Mataram antara lain ayam taliwang, sate rembiga, sate bulayak, sate pusut, pelecing kangkung, dan lainnya.

Sedangkan, produk unggulan UMKM di Kota Mataram yang paling banyak diminati dan sering menjadi oleh-oleh khas Kota Mataram adalah berbagai olahan makanan berbahan baku lokal.