Pertamina salurkan bantuan untuk warga Lombok Barat terdampak sumur diduga tercemar BBM

id Pertamina

Pertamina salurkan bantuan untuk warga Lombok Barat terdampak sumur diduga tercemar BBM

PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyalurkan bantuan air bersih dan tandon air kepada warga Montong Are, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat yang sumurnya terdampak dugaan pencemaran bahan bakar minyak (BBM).

Mataram (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus menyalurkan bantuan air bersih dan tandon air kepada warga Montong Are, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat yang sumurnya terdampak dugaan pencemaran bahan bakar minyak (BBM).

"Sebagai bentuk kepedulian warga yang terdampak, Pertamina memberikan bantuan Air Bersih dan Tandon air cadangan kepada warga. Bantuan disalurkan mulai Kamis (5/10)," kata Ahad Rahedi, Area Manager Comm., Rel. & CSR PT Pertamina Patra Niaga Jatimbalinus.

Ia menyebutkan jumlah bantuan air bersih yang disalurkan untuk tahap pertama sebanyak 8.000 liter yang disalurkan di 10 tandon yang tersebar di 10 titik.  
Penyaluran air bersih tersebut akan  diberikan kepada warga terdampak sementara menunggu hasil pengecekan sampel air dari Laboratorium  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB.

Ahad menambahkan terkait dugaan tercemarnya sumur warga di sekitar SPBU 5483308 Montong Are, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, pihaknya telah melakukan tindak lanjut atas hal tersebut dengan melakukan pengecekan di lokasi dan pengambilan sampel air sumur warga untuk dicek  di laboratorium.

"Sambil menunggu hasil laboratorium, dilakukan pemberhentian operasional sementara SPBU untuk proses pengecekan lebih lanjut," ujarnya.

Pelayanan ke konsumen sementara dialihkan ke SPBU terdekat berjarak 3 km, yaitu SPBU 5483322 Jln Kediri, Merembu, Kecamatan Labuapi, Kabupaten Lombok Barat.