DPRD di Kalsel mengimbau masyarakat kawal keamanan Pemilu

id Dprd kalsel, berita kalsel, Pemilu

DPRD di Kalsel mengimbau masyarakat kawal keamanan Pemilu

Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Kalimantan Selatan Suripno Sumas (kedua dari kiri) mensosialisasikan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Banjarmasin, Ahad (8/10/2023). (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Banjarmasin (ANTARA) - Sekretaris Komisi I Bidang Pemerintahan, Hukum dan Hak Asasi Manusia DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Suripno Sumas mengimbau masyarakat turut mengawal dan menjaga keamanan selama penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Suripno menyampaikan hal itu saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Banjarmasin, Ahad.

Suripno juga mengharapkan para pendukung calon legislator dan calon presiden tidak terlibat konflik karena perbedaan pilihan. "Ibaratkan permainan sepakbola para pendukung kesebelasan silakan teriak yel yel untuk memberikan spirit. Tetapi sesudah pertandingan selesai tak ada lagi yel yel dan tenang kembali," kata Suripno.

Suripno menekankan agar masyarakat mengetahui konstalasi politik sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang dapat mengganggu kedamaian. Sementara itu, akademisi Sugiarto Sumas menyebutkan masyarakat harus melihat sisi positif dan kelebihan dari para calon presiden.

"Misalnya dalam pilpres mendatang ada tiga figur yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Ketiga figur tersebut merupakan putra terbaik bangsa dan masing-masing mempunyai keunggulan sendiri-sendiri," ujar pensiunan Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia itu.

Baca juga: Ganjar bahas pengembangan pendidikan di Ponpes
Baca juga: KPU Sigi komitmen selenggarakan empat tahapan pemilu


Sedangkan, anggota Komisi I DPRD Kota Banjarmasin Dedy Shopian menyerukan masyarakat tidak golongan putih (golput) atau menggunakan hak pilih sesuai hati nurani pada Pemilu 2024. "Gunakan hak memilih dengan sebaik-baiknya sesuai hati nurani dan jangan golput bagi mereka yang mempunyai hak memilih," tutur Dedy.