Unram perbanyak dosen tamu dari Selandia Baru

id Unram NTB

Unram perbanyak dosen tamu dari Selandia Baru

(1)

"Kami sudah kukuhkan dua profesor dan akan ditambah jadi empat orang"
Mataram (Antara NTB) - Universitas Mataram (Unram) memperbanyak dosen tamu dari Selandia Baru, dari dua menjadi empat orang, demi meningkatkan kualitas perguruan tinggi negeri di Nusa Tenggara Barat itu.

"Kami sudah kukuhkan dua profesor dari Universitas Massey, Selandia Baru, sebagai dosen tamu dan kami akan tambah jadi empat orang untuk bidang pertanian dan teknologi pangan," kata Rektor Unram Prof H Sunarpi, di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan, upaya memperbanyak dosen tamu dari universitas ternama di luar negeri sebagai bagian dari upaya Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang ingin sekali meningkatkan jumlah universitas kelas dunia, terutama yang berstatus badan hukum.

Saat ini, peringkat perguruan tinggi negeri (PTN) badan hukum Indonesia di kisaran 500 atau jauh di bawah PTN Malaysia di kisaran 200 dan PTN Singapura di kisaran 150 dunia.

"Ranking PTN yang besar-besar, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung berada di kisaran 500 dunia," ujarnya.

Kehadiran dosen tamu asing, kata Sunarpi, diharapkan akan mampu mendongkrak PTN di Indonesia yang sudah besar, mnimal bisa bersaing dengan universitas di kawasan Asia Tenggara.

"Dosen tamu asing itu diharapkan akan mengakselerasi dosen PTN besar di Indonesia, dalam melakukan riset bersama, menulis buku, proposal dan artikel ilmiah untuk jurnal internasional," katanya.

Kaitan dengan dosen tamu dari Selandia Baru yang mengajar di Unram, lanjut Sunarpi, juga merupakan bagian dari kerja sama proyek di bidang pertanian dan teknologi pangan yang sudah berjalan

Unram mencari dosen tamu asing yang relatif murah dari sisi biaya, bahkan tidak berbayar.

"Kalau kami yang mengundang, terkadang nenanggung biaya. Nah kebetulan ada kerja sama proyek lima tahun dengan Universitas Massye, yang didanai Pemerintah Selandia Baru, sekalian saja kami minta guru besarnya jadi dosen tamu," ucapnya.

Ia menjelaskan, kerja sama Unram dengan

Universitas Massey, Selandia Baru, di bidang pertanian di pusatkan di Kabupaten Lombok Utara dan Dompu.

Bentuk kerja sama yang ditawarkan Universitas Massey berupa bantuan penerapan peralatan teknologi yang dapat meningkatkan produktivitas pertanian. (*)