Unram jadikan Fakultas Kedokteran sebagai ikon kemajuan

id Fakultas Kedokteran

Unram jadikan Fakultas Kedokteran sebagai ikon kemajuan

Gedung Rektorat Unram (unram.ac.id) (1)

"Fakultas Kedokteran harus jadi ikon kemajuan universitas ke depan"
Mataram (Antara NTB) - Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, menjadikan Fakultas Kedokteran sebagai ikon kemajuan karena mampu bersaing dengan universitas ternama di Indonesia.

Wakil Rektor I Universitas Mataram (Unram) Prof H Lalu Wira Sapta Karyadi, di Mataram, Sabtu, menyebutkan mutu Fakultas Kedokteran Unram saat ini sudah mencapai "grade" satu atau bermutu tinggi dan berada di posisi ke tujuh dari seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia.

"Melihat prestasi itu, Fakultas Kedokteran harus jadi ikon kemajuan universitas ke depan," kata Wira Sapta di acara pengambilan sumpah dokter ke-24 Fakultas Kedokteran Unram.

Pada awal berdiri, kata dia, Fakultas Kedokteran Unram adalah Program Studi Pendidikan Dokter dengan status akreditasi C dari Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN PT).

Namun, saat ini status akreditasi sudah meningkat menjadi terakreditasi "B gemuk". Dengan status akreditasi yang sudah hampir mendekati A, Fakultas Kedokteran Unram diperbolehkan menerima 250 mahasiswa setiap tahun.

"Tapi kami tidak berani sampai sejauh itu, maksimum kami berani hanya 70 mahasiswa saja dalam satu angkatan, meskipun peminatnya mencapai ribuan orang atau satu kursi diperebutkan oleh 80 calon mahasiswa," ujarnya.

Dekan Fakultas Kedokteran Unram Dr dr Hamsu Kadriyan Sp.THT, MKes menambahkan pihaknya sedang mengupayakan peningkatan status akreditasi Fakultas Kedokteran menjadi A agar bisa membuka program pascasarjana (S2) serta dokter spesialis.

"Rencananya tahun ini akan mengajukan peningkatan akreditasi, meskipun sebenarnya akreditasi sekarang ini berakhir pada 2018 karena kami meyakini punya kemampuan untuk meraih akreditasi A," katanya.

Upaya untuk mewujudkan akreditas A tersebut tentu dengan terus meningkatkan kualitas pembelajaran dan sumber daya manusia dosen sebagai pengajar.

"Saat ini Fakultas Kedokteran memiliki satu profesor, tiga orang doktor, dan dosen S2, termasuk dokter spesialis. Di akhir tahun ini kami akan ada tambahan tiga orang doktor lagi," ujarnya.

Fakultas Kedokteran merupakan salah satu fakultas unggulan di Unram, yang awalnya adalah Program Studi Pendidikan Dokter dengan izin operasional Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi No. 123/D/T/2003.

Kemudian berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran berdasarkan Surat Keputusan Rektor No. 10.146/H18/ HK/2007 tanggal 25 Agustus 2007.

Spesifikasi dan kompetensi lulusan yang dihasilkan minimal sesuai dengan standar kompetensi dokter Indonesia dan standar pendidikan dokter Indonesia. (*)