Ketua Barikade Yenny Wahid ungkap Mahfud MD dekat dengan Gus Dur

id Yenny Wahid,Pilpres 2024,Pemilu 2024,Barikade Gus Dur,Gusdurian,Mahfud MD,Ganjar-Mahfud

Ketua Barikade Yenny Wahid ungkap Mahfud MD dekat dengan Gus Dur

Ketua Barikade Gus Dur, Yenny Wahid (tengah), bersama Ketua TPN Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid (kiri), di Jakarta, Jumat (27/10/2023). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Barisan Kader (Barikade) Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid, mengatakan bahwa bakal cawapres Mahfud MD mempunyai kedekatan dengan ayahnya yang juga Presiden ke-4 Indonesia Abdurrahman Wahid (Gus Dur) semasa hidup.
 

"Ini saya cerita, ya. Jadi, waktu Gus Dur jadi presiden, Gus Dur memanggil Pak Mahfud untuk bergabung di kabinetnya, menjadi menteri pertahanan," kata Yenny di Jakarta, Jumat.

Dia menambahkan bahwa Mahfud MD saat itu terkejut dengan tawaran tersebut, karena mengira akan ditunjuk sebagai menteri pertanahan dan bukan sebagai menteri pertahanan. Hal itu mengingat latar belakang bidang hukum yang dikuasai Mahfud MD cukup kuat. "Pak Mahfud kaget, dipikir jadi menteri pertanahan. (Namun) Karena latar belakang beliau adalah orang hukum, (maka) disuruhnya jadi menteri pertahanan, bukan pertanahan," kata Yenny.

Yenny juga mengungkapkan alasannya bersama Barikade Gus Dur mendukung pasangan bakal capres dan cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD ialah karena mengikuti kata hati dan mempunyai kedekatan rasa dengan kandidat tersebut. Yenny pun ditunjuk menjadi Anggota Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Terkait deklarasi dukungan Barikade Gus Dur kepada Ganjar-Mahfud, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan kehadiran Yenny Wahid memberikan energi pergerakan positif bagi upaya kemenangan pasangan tersebut di Pilpres 2024.

"Mbak Yenny Wahid hari ini memberikan suatu energi pergerakan positif bagi Ganjar-Mahfud, apalagi digerakkan oleh hati nurani," kata Hasto dalam acara deklarasi dukungan kepada Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Parpol KIM siap memperkuat pemenangan Prabowo-Gibran di NTB
Baca juga: Capres Prabowo dan Gibran kompak bersama tes kesehatan di RSPAD


Hasto meyakini semua orang dapat merasakan getaran mendalam dari Yenny Wahid, yang menunjukkan bahwa Indonesia adalah sebuah negeri spiritual, di mana landasan moral, etika, serta ajaran tentang kebajikan dan kebenaran menjadi pilar utama.