Penajam Kaltim sediakan lapak UMKM di taman depan kantor bupati

id penajam ,dinas,jualan,taman,tempat,bupati,lapak,kantor

Penajam Kaltim sediakan lapak UMKM di taman depan kantor bupati

Pintu gerbang Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (ANTARA/Nyaman Bagus Purwaniawan)

Penajam (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur menyediakan lapak untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di daerah itu berjualan di depan kantor bupati setempat, guna meningkatkan perekonomian mereka.
 
"Setiap akhir pekan kami sediakan lapak untuk UMKM berjualan di taman kantor bupati," ujar Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Penajam Paser Utara Saidin di Penajam, Sabtu (28/10).

Para pelaku UMKM dapat menempati lapak tersebut secara gratis. Mereka diwajibkan menjaga fasilitas taman agar tidak rusak, menjaga kebersihan, dan tidak berjualan di atas rumput di area setempat. 
 
Ia menjelaskan tidak ada syarat khusus bagi pelaku UMKM yang ingin berjualan di taman tersebut. Mereka hanya diminta memberitahu terlebih dahulu kepada Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan Kabupaten Penajam Paser Utara. Hingga saat ini, 53 pelaku UMKM berjualan di taman depan kantor bupati tersebut. Pihaknya akan menyediakan lapak lagi untuk pelaku UMKM lainnya yang belum terakomodasi untuk berjualan di tempat itu.
 
"UMKM sangat berminat berjualan di taman depan kantor bupati, karena cukup ramai saat akhir pekan," ucapnya.
 
Apalagi, katanya, setiap akhir pekan ada kegiatan hiburan, seperti penampilan pelaku seni di taman depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara itu. Ia menilai antusiasme pelaku UMKM cukup tinggi untuk berjualan di tempat itu. Awalnya, kegiatan mereka hanya dibuka pada Sabtu malam, sedangkan saat ini dibuka sejak Jumat hingga Minggu malam.
 
"Sekarang dibuka mulai Jumat sampai malam Senin, karena semakin banyak pengunjung ke taman depan kantor bupati," ujarnya.

Baca juga: KIM Kukar wakili Kaltim di ajang KIMFest 2023
Baca juga: Kaltim percepat pengakuan Masyarakat Hukum Adat
 
Dia mengharapkan penyediaan lapak bagi pelaku UMKM dapat meningkatkan pendapatan dan pemasaran produk mereka di daerah berjuluk Benuo Taka itu.  "Lapak atau tempat berjualan disediakan di taman depan kantor bupati, untuk memacu pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Penajam Paser Utara dari sektor UMKM," demikian Saidin.