NTB Tawarkan Cina Investasi Peternakan di Sumbawa

id PETERNAKAN NTB

"Kita tawarkan kepada pengusaha Cina, agar berminat mendirikan pabrik pengolahan daging sapi di Pulau Sumbawa, NTB,"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menawarkan kepada sejumlah pengusaha di Provinsi Ningxia, Cina untuk berinvestasi di bidang peternakan, termasuk mendirikan pabrik pengolahan daging sapi di Pulau Sumbawa.

Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda NTB Yusron Hadi di Mataram, Senin, mengatakan tawaran pemerintah provinsi ini di kemukakan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi saat mengunjungi dan bertemu sejumlah pengusaha peternakan di Provinsi Ningxia, Cina.

"Kita tawarkan kepada pengusaha Cina, agar berminat mendirikan pabrik pengolahan daging sapi di Pulau Sumbawa, NTB," katanya.

Menurut Yusron, dalam bidang industri pengolahan daging sapi, pelaku industri di Provinsi Ningxia, Cina sudah sangat maju. Hal ini dibuktikan dengan terdapatnya pabrik pengolahan daging sapi halal terbesar di dunia.

Karenanya, untuk membangun pabrik pengolahan daging sapi dan memasok kebutuhan daging tersebut. Provinsi NTB menawarkan agar pemerintah Provinsi Ningxia, Cina untuk bisa bekerjasama untuk menanamkan investasinya di Pulau Sumbawa.

"Kita harap ini bisa terlaksana. Tetapi kapan rencana besar itu di wujudkan, kita sudah meminta kesediaan pengusaha setempat untuk mengunjungi NTB melihat potensi peternakan NTB, terutama di Pulau Sumbawa" jelasnya.

Sebelumnya, dalam lawatan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi ke beberapa provinsi di Cina mulai 15 sampai 21 Mei 2016, delegasi pemerintah provinsi melakukan penjajakan kerjasama dengan sejumlah pemerintah provinsi di sana.

Yusron menjelaskan, lawatan gubernur beserta rombongan akan berlangsung di tiga kota yang masuk dalam dua provinsi, yaitu Kota Luohe dan Zhengzhou di Provinsi Henan serta Kota Yinchuan di Provinsi Ningxia.

"Kunjungan ini, pertama menjajaki kerjasama strategis sektor industri pertanian dan pariwisata dengan pemerintah Luo He. Kedua mengadakan pertemuan dengan Gubernur Henan terkait pengembangan kerjasama kedua region. Ketiga menandatangani Letter of intents (LOI) kerjasama NTB dengan Provinsi Ningxia," jelasnya.

"NTB ingin belajar banyak dan membuka kesempatan terhadap kerjasama yang saling menguntungkan antara Cina dengan Pemerintah NTB pada bidang yang sama kita ketahui menjadi leading sektor bagi kemajuan perekonomian masyarakat," ujarnya.

Sebagai daerah yang memiliki sejarah panjang di antara daerah lainnya di Cina, dan telah mampu mengubah struktur ekonomi masyarakat dari pola agraris, kini Kota Luo He, Ningxia mengalami kemajuan pesat di sektor indutri, yang bertumpu pada sektor pertanian dalam arti luas.

Karena itu, lanjut Yusron, Walikota Luo He bersedia membagi pengalaman dan bekerjasama lebih konkrit ke depan dalam memberikan keuntungan bagi kedua daerah. Terlebih lagi NTB. (*)