SMK RUM Inovasi Jereweh berikhtiar mencetak SDM siap kerja

id SMK RUM Inovasi Jereweh ,Jereweh Sumbawa Barat NTB

SMK RUM Inovasi Jereweh berikhtiar mencetak SDM siap kerja

Para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) RUM Inovasi di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah serius mengikuti pelajaran praktek mesin. (ANTARA/SMK RUM Inovasi).

Mataram (ANTARA) - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) RUM Inovasi di Kecamatan Jereweh, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat berikhtiar mencetak generasi muda dan SDM siap kerja.

Ketua Yayasan Dea Patari yang juga Direktur PT RUM, Yutphi mengatakan SMK berdiri di bawah naungan Yayasan Dea Patari pada 2022 dan masih menempati bangunan kantor PT Reza Usaha Mandiri (RUM). Namun kegiatan belajar mengajar dan progres SMK sudah sangat baik.

"Kegiatan SMK saat ini masih menggunakan bangunan kantor PT RUM, namun alhamdulillah semua berjalan dengan optimal," ujarnya di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan SMK RUM Inovasi kini memiliki 87 peserta didik, dengan empat jurusan antara lain pengelasan, permesinan, alat berat, dan kelistrikan industri.

"Core SMK RUM Inovasi adalah teknologi rekayasa dan manufaktur. Ikhtiarnya untuk menangkap peluang lapangan kerja di sektor pertambangan, termasuk Smelter Amman Nusa Tenggara," terang Yutphi.

Yutphi merupakan pendiri sekaligus inisiator SMK RUM Inovasi yang dimaksudkan untuk membangun SDM berdaya saing di Sumbawa Barat, dan NTB secara umum.

"Saya kebetulan pernah bekerja di Trakindo, dan saya pikir pekerjaan pertambangan dan subsektor pendukungnya masih membutuhkan SDM yang handal. SMK RUM Inovasi ini berikhtiar untuk hal tersebut," ujarnya.

Ia mengatakan, animo peserta didik di tahun pertama lumayan tinggi. Ke-87 siswa berasal dari Jereweh, Sumbawa Barat, bahkan ada pula dari Bima dan juga Lombok.

"Harapannya setelah tiga tahun di SMK mereka bisa langsung terserap lapangan kerja," katanya.

Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, M Khairul Ihwan mengapresiasi hadirnya SMK RUM Inovasi di Sumbawa Barat.

"Kita apresiasi pak Yutphi yang sudah menginisiasi hadirnya SMK RUM Inovasi Jereweh di Sumbawa Barat," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan SMK RUM Inovasi dengan core teknologi rekayasa dan manufaktur sangat strategis untuk menangkap peluang lapangan kerja, apalagi jika Smelter Amman Nusa Tenggara mulai beroperasi nantinya.

"Kita berharap SMK RUM Inovasi akan terus berkembang dan maju," katanya.