Bogor pertahankan predikat kabupaten terinovatif

id Pemkab Bogor, inovatif, korpri

Bogor pertahankan predikat kabupaten terinovatif

Upacara peringatan HUT KORPRI di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (29/11/2023). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Kabupaten Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membulatkan tekad untuk mempertahankan predikat kabupaten terinovatif pada peringatan HUT ke-52 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI).

"Kabupaten Bogor menjadi kabupaten yang memiliki banyak inovasi baik dari sisi pemerintahnya maupun masyarakatnya. Ini menurut saya penting untuk terus dipertahankan," kata Bupati Bogor Iwan Setiawan saat upacara peringatan HUT KORPRI di Lapangan Tegar Beriman, Cibinong, Bogor, Rabu.

Ia juga meminta jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk terus melahirkan inovasi dalam melayani masyarakat.

Iwan Setiawan menjelaskan, Pemerintah Kabupaten Bogor kerap mendapatkan penghargaan di bidang inovasi, salah satunya dalam Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI setiap tahun.

Salah satu upaya yang dilakukan, Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan banyak penghargaan kepada masyarakat yang berkontribusi terhadap pembangunan dengan terus memacu diri untuk menciptakan beragam inovasi di berbagai bidang.

"Semoga di usianya yang ke-52 tahun, organisasi KORPRI semakin tangguh dan solid sebagai perekat dan pemersatu bangsa, semakin prima dalam melayani masyarakat, serta semakin profesional mengedepankan kolaborasi, inovasi dan teknologi dalam menjalankan pemerintahan dan membangun negeri," kata Iwan.

Menurut dia, birokrasi pemerintah perlu bertransformasi menjadi lebih dinamis, untuk meraih cita-cita Indonesia Emas di tahun 2045. Sehingga, tidak hanya menjadi regulator dan fasilitator, melainkan mampu menjadi akselerator dan inovator dalam pembangunan.

“Setiap pemimpin saat ingin mengabdi kepada masyarakat pasti ada komitmen atau janji yang akan dilaksanakan demi kepentingan masyarakat. Tanpa jajaran ASN anggota KORPRI Kabupaten Bogor, kami tidak mungkin bisa melaksanakan janji kepada masyarakat, serta mewujudkan visi dan misi,” ujarnya.

Sementara, Ketua KORPRI Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menjelaskan, pada peringatan HUT KORPRI kali ini, pihaknya melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan, diantaranya pemberian penghargaan kepada anggota, sunatan massal, santunan, webinar, donor darah, perlombaan, serta acara riung mumpulung.

Baca juga: Pemuda Ciamis harus kreatif, inovatif dan kolaboratif
Baca juga: AIS Forum melahirkan riset inovatif awasi mangrove dan kondisi laut


“Terima kasih kepada Bupati Bogor yang selama ini sudah mendukung dan membina kami dengan baik. Kemudian, kepada semua pihak atas dukungan, kontribusi, dan partisipasi aktif, sehingga acara ini dapat terlaksana dengan baik,” kata Entis.