Kapolda Jambi meminta personel perkuat pengamanan selama masa kampanye

id Jambi, Polda Jambi, pemilu Jambi, operasi mantap brata jambi,pengamanan pemilu 2024,pemilu 2024

Kapolda Jambi meminta personel perkuat pengamanan selama masa kampanye

Kapolda Jambi Inspektur Jendral Polisi Rusdi Hartono saat evaluasi pengamanan Operasi Mantap Brata 2023, Selasa (12/12/2023). (ANTARA/Tuyani)

Jambi (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Jambi Inspektur Jendral Polisi Rusdi Hartono menekankan agar personel dalam melaksanakan Operasi Mantap Brata meningkatkan strategi pengamanan selama proses Pemilu 2024 terutama di masa kampanye.

"Untuk Operasi Mantap Brata 2023 harus dilakukan dengan baik apalagi selama pelaksanaan debat capres dan cawapres 2024 akan sangat ramai sekali di tengah masyarakat khususnya di media sosial dan akan berdampak pada situasi keseharian masyarakat," kata Kapolda Jambi Irjen Pol Rusdi Hartono di Jambi, Selasa, saat evaluasi Operasi Mantap Brata 2023 di Polda Jambi.

Rusdi menekankan agar para personel memahami situasi kamtibmas di wilayah masing-masing dan melakukan langkah antisipasi jika mencurigai adanya tindakan dari oknum tertentu yang tidak diinginkan.

Ia mengingatkan personel pengamanan agar menjalankan standar operasional prosedur (SOP) dengan baik sehingga kegiatan Operasi Mantap Brata 2023 dapat berjalan secara maksimal. Sejak apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023-2024, Polda Jambi menurunkan 2.036 personel gabungan untuk pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024 di daerah setempat.

Rusdi berpesan kepada seluruh personel pengamanan agar tidak meremehkan setiap perkembangan yang terjadi di masyarakat. Ia menegaskan bahwa potensi konflik pada pesta demokrasi sangat tinggi sehingga penting personel dapat membaca dan menilai situasi dan kondisi.

Baca juga: TKN optimistis hasil debat perdana menggaet suara "swing voters"
Baca juga: Pemkot Bima imbau pelaku usaha jaga kondusifitas daerah jelang Pemilu

Personel juga harus mempersiapkan cara bertindak yang tepat dalam menghadapi konflik pemilu di tengah masyarakat dan menjamin situasi kamtibmas kondusif.

Kapolda menyampaikan bahwa pengamanan pemilu menjadi suatu pekerjaan yang besar sehingga penting seluruh komponen ikut berpartisipasi untuk mensukseskan dan memastikan keamanan selama  pesta demokrasi itu berlangsung.