Polisi tangkap tahanan kabur di Rutan Praya Lombok Tengah NTB

id Tahanan kabur ,Rutan Praya ,Lombok Tengah

Polisi tangkap tahanan kabur di Rutan Praya Lombok Tengah NTB

Rutan Kelas II B Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi NTB. ANTARA/Akhyar Rosidi

Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Seorang tahanan bernama Nurhadi (33) Warga Desa Semoyang di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang kabur, akhir berhasil ditangkap di tempat persembunyiannya.

"Tahanan yang kabur itu sudah ditangkap dan diserahkan ke Rutan Praya," kata Kasatreskrim Polres Lombok Tengah AKP Hizkia Siagian di Praya, Rabu.

Tahanan tersebut diamankan di salah satu rumah di Kecamatan Praya Timur, setelah berhasil kabur melalui ventilasi udara salah satu ruangan tahanan yang sedang diperbaiki pada Kamis (28/12). Selanjutnya pihaknya melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan pelaku berdasarkan informasi dari warga.

"Pelaku kabur selama 5 hari dan hari ini telah berhasil diamankan," katanya.

Sementara itu, Kepala Rutan Kelas II B Praya, Aris Sakuriyadi mengatakan tahapan itu kabur dari Rutan saat waktu ramai kunjungan dan di waktu yang bersamaan memang sedang ada perbaikan ruangan pelayanan tahanan.

“Jadi ada salah satu tahanan kami titipan dari Pengadilan Negeri (PN) Praya kabur pada waktu ramai kunjungan dan memang kami sedang memperbaiki ruangan untuk layanan tahanan,” katanya.

Baca juga: Seorang tahanan di Rutan Praya kabur jelang tahun baru 2024
Baca juga: Kejari Dompu tahan dua tersangka dugaan korupsi dishub


Pihaknya memastikan tidak ada indikasi keterlibatan petugas untuk membantu tahanan tersebut untuk kabur.

"Saya pastikan tidak ada keterlibatan petugas kami membantu yang bersangkutan. Kalau ada maka sanksi sudah menunggu," katanya.