Satu tahanan kabur usai sidang di PN Mataram masih buron

id tahanan kabur, pengadilan mataram, kejari mataram, lapas lombok barat

Satu tahanan kabur usai sidang di PN Mataram masih buron

Pengawal tahanan menunjukkan tahanan berinisial SH yang sebelumnya sempat kabur usai sidang di Pengadilan Negeri Mataram berhasil tertangkap di Mataram, NTB, Rabu malam (26/6/2024). ANTARA/HO-Kejari Mataram.

Mataram (ANTARA) - Kejaksaan Negeri Mataram menyatakan satu dari dua tahanan kasus pencurian yang kabur usai mengikuti sidang di Pengadilan Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat pada Rabu petang (26/6), masih buron.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Mataram Harun Al Rasyid dalam keterangan tertulis yang diterima di Mataram, Jumat, menegaskan tahanan yang berstatus buron tersebut berinisial Z asal Gontoran, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat.

"Kami pastikan terdakwa akan segera ditemukan karena tim telah mengantongi beberapa indikasi titik lokasi keberadaanya," kata Harun.

Baca juga: Nekat!! Dua tahanan kabur usai sidang di Pengadilan Negeri Mataram

Dalam upaya pencarian Z, kejaksaan turut meminta bantuan dari Polresta Mataram dan Polres Lombok Barat.

Kejaksaan berharap kepada Z untuk menyerahkan diri agar bisa segera menyelesaikan persidangan yang sedang berjalan di Pengadilan Negeri Mataram.

Perihal tahanan lain berinisial SH dipastikan Harun telah berhasil diamankan dari kediamannya di wilayah Majeluk, Kota Mataram.

"Jadi, SH telah menyerahkan diri tanpa perlawanan saat tim kami menemukan yang bersangkutan di rumahnya dan kini SH sudah dibawa kembali ke Lapas Kelas II A Lombok Barat," ujarnya.

Baca juga: Polisi terus mencari dua tahanan yang kabur dari tahanan Polsek Praya

Harun menjelaskan kedua tahanan ini kabur saat petugas pengawal tahanan akan mengembalikan seluruh tahanan ke Lapas Kelas II A Lombok Barat usai menjalani persidangan di Pengadilan Negeri Mataram.

"Keduanya melarikan diri dengan cara membuka paksa jendela mobil tahanan dan melompat dari mobil tahanan," ucap dia.

Baca juga: Nekat!! Dua tahanan Polsek di Lombok Tengah kabur

Aksi itu terjadi saat kendaraan tahanan keluar dari jalan pintas (Bypass) Bandara Internasional Lombok (BIL) berbelok ke jalan perkampungan menuju Lapas Kelas II A Lombok Barat.

"Keduanya memanfaatkan situasi saat laju mobil tahanan melambat," ujarnya.

Lebih lanjut, Harun menyampaikan bahwa sidang untuk tahanan SH dalam kasus pencurian telah sampai pada pembacaan putusan pada Rabu (26/6). Hakim menjatuhkan SH pidana penjara selama 1 tahun dan 4 bulan.

Untuk tahanan Z, persidangan telah sampai pada pembacaan tuntutan jaksa dengan meminta majelis hakim menjatuhkan pidana penjara selama 3 tahun.

Baca juga: Polisi tangkap tahanan kabur di Rutan Praya Lombok Tengah NTB