Seorang tahanan di Rutan Praya kabur jelang tahun baru 2024

id Tahanan kabur ,Lombok Tengah ,NTB

Seorang tahanan di Rutan Praya kabur jelang tahun baru 2024

Rutan Kelas II B Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Jadi ada salah satu tahanan titipan dari Pengadilan Negeri (PN) Praya kabur pada waktu ramai kunjungan
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Seorang tahanan bernama Nurhadi (33) Warga Desa Semoyang, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Praya kabur melalui lubang angin salah satu blok tahanan yang sedang direnovasi.

Kepala Rutan Kelas II B Praya, Aris Sakuriyadi di Praya Jumat mengatakan tahanan itu kabur dari Rutan saat waktu ramai kunjungan dan di waktu yang bersamaan memang sedang ada perbaikan ruangan pelayanan tahanan pada Kamis (28/12).

“Jadi ada salah satu tahanan titipan dari Pengadilan Negeri (PN) Praya kabur pada waktu ramai kunjungan dan memang kami sedang memperbaiki ruangan untuk layanan tahanan,” katanya.

Baca juga: Rutan kelas II B Praya usulkan peningkatan kapasitas kamar untuk WBP

Untuk menangkap kembali yang bersangkutan, pihak Rutan saat ini sudah membentuk tim dan sudah berkoordinasi dengan pihak Polres Lombok Tengah. Pihaknya juga masih terus berupaya agar tahanan yang kabur ini bisa ditemukan kembali, terlebih saat ini yang bersangkutan masih menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri Praya, karena terlibat kasus curat.

“Kalau tertangkap maka bisa saja hukuman lebih berat nanti dan untuk mengantisipasi kasus yang sama tidak terulang kembali," katanya.

Pihaknya sudah maksimalkan seluruh komponen dan staf yang ada terutama yang bidang keamanan untuk lebih mengintensifkan untuk melakukan patroli di jam-jam rawan.

Baca juga: Sebanyak 163 warga binaan Rutan Praya diusulkan dapat remisi

Dia memastikan tidak ada indikasi keterlibatan petugas untuk membantu tahanan tersebut untuk kabur.

"Saya pastikan tidak ada keterlibatan petugas kami membantu yang bersangkutan. Kalau ada maka sanksi sudah menunggu. Petugas juga sedang melakukan pencarian," katanya.
 

Baca juga: Narapidana kasus narkoba dominasi isi Rutan Praya