Lulusan SMK Binaan Pelindo Lembar Diminati Jepang

id Pelindo III

Lulusan SMK Binaan Pelindo Lembar Diminati Jepang

Ratusan siswa SMKN 1 Lembar mengikuti prorgam BUMN Mengajar di sekolahnya yang dilaksanakan oleh PT Pelindo III Cabang Lembar, Senin (31/10). (ANTARA NTB/Awaludin) (1)

"Tiga perusahaan perikanan dan dua perusahaan kapal pesiar dari Jepang sudah merekrut ratusan alumni"
Lombok Barat (Antara NTB) - Lulusan SMKN 1 Lembar yang merupakan binaan PT Pelabuhan Indonesia III Cabang Lembar, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, diminati sejumlah perusahaan kapal perikanan di Jepang, karena dinilai memiliki keterampilan dan kedisiplinan.

"Tiga perusahaan perikanan dan dua perusahaan kapal pesiar dari Jepang sudah merekrut ratusan alumni kami sejak 2006 hingga 2015," kata Kepala Sekolah SMKN 1 Lembar Ruslan, di Lombok Barat, Selasa.

SMKN 1 Lembar memiliki empat jurusan, yakni jurusan nautika kapal penangkap ikan, nautika kapal niaga, agribisnis perikanan dan teknik kendaraan ringan.

Sekolah yang lokasinya tidak jauh dari wilayah kerja PT Pelindo III Cabang Lembar, tersebut akan membuka jurusan baru, yakni jurusan teknik kapal niaga dan teknik kapal penangkap ikan.

Menurut Ruslan, sebagian besar alumni yang diterima bekerja di perusahaan Jepang berasal dari jurusan pengolahan hasil perikanan. Sisanya dari jurusan teknik kendaraan ringan.

Para alumni yang berminat bekerja di perusahaan Jepang, mencapai ratusan orang setiap pembukaan lowongan kerja. Namun, yang lulus seleksi paling banyak 12 orang.

Pelaksanaan seleksi dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu tahun. Tim seleksi dari perusahaan Jepang datang langsung ke sekolah untuk melakukan tes fisik dan wawancara.

"Seleksi benar-benar ketat. Makanya, yang lulus seleksi tidak begitu banyak dari ratusan pendaftar," ujar Ruslan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Masyarakat dan Bidang Kerja Sama Industri SMKN 1 Lembar Tasman, menambahkan para alumni dari sekolahnya dikontrak bekerja oleh perusahaan Jepang selama dua tahun dan bisa diperpanjang lagi tiga tahun, sehingga total lama bekerja mencapai lima tahun.

Namun untuk bisa mendapatkan perpanjangan masa kontrak harus memenuhi persyaratan penilaian produktivitas dan kedisiplinan bekerja.

Ia mengatakan, gaji yang diterima para alumninya mencapai Rp9 juta untuk tiga bulan pertama bekerja. Gaji tersebut akan naik pada tiga bulan berikutnya ditambah gaji bonus.

"Makanya kami menekankan kedisiplinan yang kuat kepada para siswa, di samping penguatan keterampilan," katanya.

Untuk memperkuat kemampuan para siswa, kata dia, pihaknya menjalin kerja sama dengan PT Pelindo Cabang III Lembar, dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Lembar.

Selain itu, dengan sejumlah perusahaan kapal penyeberangan yang ada di Pelabuhan Lembar, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan Balai Benih Ikan Batu Kumbung, Kabupaten Lombok Barat.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo III Cabang Lembar Baharuddin, mengatakan SMKN 1 Lembar merupakan sekolah binaan yang perlu terus diberikan dukungan karena berada di area kerja perusahaannya.

"Makanya sekolah itu dijadikan lokasi pelaksanaan program BUMN Mengajar, di mana Pelindo III Cabang Lembar sebagai pelaksananya. Kami juga memberikan bantuan peralatan pendukung kegiatan belajar mengajar," katanya. (*)