"Anies effect" buat relawan AMIN Surakarta menargetkan 35 persen

id Relawan AMIN Surakarta, Anies effect

"Anies effect" buat relawan AMIN Surakarta menargetkan 35 persen

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES) Abi Ibrahim Hasmi di Posko TPS Gerakan Rakyat di Surakarta, Sabtu (27/1/2024). ANTARA/HO-Timnas AMIN.

Surakarta (ANTARA) - Salah satu simpul relawan calon presiden nomor urut 01 Anies Baswedan di Surakarta, Jawa Tengah, Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (ANIES), menargetkan perolehan 35 persen suara pemilih berkat "Anies effect."

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ANIES Abi Ibrahim Hasmi di Surakarta, Sabtu, mengatakan sosok kuat Anies Baswedan menjadi magnet dan daya tarik bagi warga Solo, yang disebutnya sebagai Anies effect.

"Untuk Solo, AMIN bisa dapat 35 persen itu sudah jagoan karena ada paslon 02 dan 03. Ini karena Anies effect, banyak eks pendukung Pak Prabowo pada pilpres sebelumnya yang beralih ke Pak Anies," ujar Abi yang juga menjadi koordinator Gerakan Rakyat Solo Raya.

Abi mengaku rela menjadikan rumahnya sebagai Posko TPS Gerakan Rakyat, sebagai titik terdepan dan terdekat dengan tempat pemungutan suara (TPS). Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) bersama relawan mengaktifkan Posko TPS Gerakan Rakyat di tiap-tiap TPS.

Menurut dia, fenomena Anies effect didorong oleh kapabilitas Anies Baswedan yang mampu menyampaikan berbagai gagasan perubahan dengan baik.

"Masyarakat melihat kalau Pak Anies ini memiliki keunggulan seperti kapabilitas, rekam jejak, dan lainnya yang mampu menjadi magnet. Pak Anies lebih bagus dari semua segi, misalnya dari segi agama, intelektualitas, dan rekam jejak." ujarnya

Abi mengatakan selain migrasi eks pendukung paslon 02, paslon AMIN juga mendapatkan tambahan pendukung baru. Sementara paslon 02 mengambil ceruk pemilih 03. Para relawan di Kota Solo terus bergerak sampai ke kelurahan-kelurahan. Abi merupakan salah satu tokoh masyarakat di Solo yang pernah mendukung Prabowo Subianto pada pilpres 2019, yaitu garda relawan Suka Prabowo (RSP).

Baca juga: Capres Anies tegaskan semangat relawan tidak bisa dibeli dengan rupiah
Baca juga: AMIN arahkan relawan perketat penjagaan TPS


"Kini 95 persen eks garda RSP masuk ke paslon 01 ditambah yang baru. Kemudian belum lama ini ada 500 milenial Solo dukung AMIN," ujarnya.

Selain itu, menurut dia, sebagian masyarakat di Solo membutuhkan perubahan dalam segala bidang karena sudah muak dengan situasi penyelenggaraan negara saat ini.

"Masyarakat ingin perubahan dan Pak Anies ini di luar dugaan. Misalkan masyarakat bilang 'saya tidak turun, tapi nanti saat di TPS [mencoblos paslon AMIN." ujarnya.