Presiden Jokowi Sumbang Sapi Kurban Untuk Masyarakat NTB

id Presiden Jokowi Serah Sapi Qurban

Sapi dari Presiden ini akan dibagikan kepada masyarakat Kota Mataram dan Pulau Lombok
Mataram (Antara NTB) - Presiden Joko Widodo menyumbangkan sapi kurban untuk masyarakat di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB H Abdul Mukthi di Mataram, Kamis, mengatakan sapi sumbangan Presiden Joko Widodo ini merupakan jenis sapi Simental dengan berat 960 kilogram.

"Nantinya sapi ini akan diserahkan Gubernur NTB kepada Sekda selaku panitia kurban seusai salat Idul Adha," katanya.

Mukhti menuturkan, sapi sumbangan Presiden Jokowi ini didatangkan dari kelompok tani peternak di Kabupaten Lombok Timur dengan harga Rp61 juta. Saat ini sapi tersebut sudah berada di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram.

"Sapi dari Presiden ini akan dibagikan kepada masyarakat Kota Mataram dan Pulau Lombok," ujarnya.

Selain dari Presiden Jokowi, panitia kurban Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Mataram juga menerima sumbangan sapi dari Gubernur NTB TGH Muhammad Zainul Majdi dan Wakil Gubernur H Muhammad Amin, termasuk Sekda NTB H Rosiadi H Sayuti. Jenis sapi yang diserahkan merupakan sapi Berangus.

Untuk sapi gubernur akan diserahkan ke pondok pesantren di Pancor Lombok Timur, sedangkan sapi dari wagub diserahkan untuk masyarakat sekitar pendopo dan Kota Mataram, sementara sapi dari Sekda NTB disumbangkan untuk masyarakat Kota Raja, Lombok Timur.

Mukhti mengatakan, sampai hari ini (Kamis, red) Panitia Hari Besar Islam (PHBI) sudah menerima sumbangan sapi sebanyak 30 ekor dan kambing 75 ekor. Sumbangan sapi dan kambing ini berasal dari masyarakat dan instansi pemerintah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB.

"Kita perkirakan jumlahnya akan bertambah sampai hari H Idul Adha, karena belum semua instansi menyerahkan hewan kurban," ujarnya.

Untuk bisa mendapatkan daging kurban tersebut, kata Mukhti, pihak panitia telah menyiapkan 2 ribu kupon yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat, termasuk para fakir miskin dan anak yatim piatu. Bahkan, untuk ponpes, organisasi kepemudaan, panti asuhan difasilitasi mendapatkan hewan kurban berupa kambing.

"Untuk pemotongan akan dilakukan hari Sabtu dan Minggu," ujarnya.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Lomnok Timur Syamsuri Hamzan mengatakan sapi sumbangan Presiden Jokowi berasal dari kelompok ternak Bareng Mele Desa Kelayu, Lombok Timur.

"Tahun lalu sapi sumbangan Presiden Jokowi juga dibeli dari Lombok Timur. Waktu itu sapi yang dipesan seberat 900 kilogram," ucapnya.

Sapi dari Presiden ini diserahkan ke pengurus Masjid Hubbul Wathan Islamic Center di Kota Mataram untuk disembelih pada Hari Raya Idul Adha 1438 Hijriyah. (*)