Puluhan UKM Ramaikan Festival Kopi 5.000 NTB

id FESTIVAL KOPI LOMBOK

Festival ini di ikuti berbagai kelompok masyarakat yang ada di Lombok
Lombok Timur, 29/10 (Antara) - Puluhan kelompok usaha kecil menengah di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, ikut meramaikan ajang Festival Kopi 5.000 yang baru pertama kali diselenggarakan di daerah itu.

Ketua Panitia Festival Kopi 5.000 Iling Lingga di Tete Batu, Minggu mengatakan Festival Kopi 5.000 Tete Batu ini yang pertama di gelar di NTB.

"Festival ini di ikuti berbagai kelompok masyarakat yang ada di Lombok," katanya.

Ia menuturkan, kegiatan ini bekerja sama dengan Perhimpunan Pengusaha Pariwisata Lombok Timur dan Lombok Tengah. Termasuk, melibatkan Kelompok Pencinta Pariwisata.

Menurutnya, kegiatan Festival Kopi 5.000 ini juga menjadi ajang pertemuan antara pelaku UKM, terutama kopi lokal dengan para manager hotel yang ada di NTB. Diharapkan dengan kehadiran para manager hotel ini akan menjadi solusi bagi UKM kopi lokal memasarkan kopi olahannya untuk bisa di terima di hotel-hotel yang ada di NTB.

Ratusan orang dari bermacam komonitas berkumpul menikmati kopi hasil olahan masyarakat dari berbagai kecamatan di Lombok Timur. Kopi lokal Sembalun hingga Kopi Masbagek ikut disuguhkan bagi para pengunjung dan wisatawan mancanegara yang hadir di tempat itu.

Sementara itu, Pembina Komunitas HMSL HM Syamsul Luthfi menekankan pentingnya pengembangan Pariwisata di Lombok Timur sebagai andalan sumber PAD Lombok Timur ke depan.

Potensi sumber daya alam berupa 36 gili atau pulau dan tujuan wisata alam maupun relegius memberikan harapan jika dikelola dengan baik oleh pemerintah daerah.

"Maksimalnya sumber Pendapatan Asli Paerah (PAD) Lombok Timur akan dicapai jika keberpihakan anggaran untuk sektor pariwisata dalam program kerja kepala daerah," katanya.

Dirinya, optimistis akan lahirnya Lombok Timur baru dengan pengembangan pariwisata di Lombok Timur dengan brand "Sun Rise Of Lombok". Dengan brand matahari terbit ini Lombok Timur diharapkan akan menjadi tujuan wisatawan jika ingin menikmati matahari terbit.

Selanjutnya, kegiatan Festival Kopi ini akan digelar kembali pada desa-desa di Lombok Timur yang memiliki tujuan pariwisata. Desa yang akan menjadi lokasi acara Festival Kopi selanjutnya, yakni Desa Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur. (*)

Editor: Nur Imansyah
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar