KuBe dan Bumdes mampu gerakkan roda ekonomi Lombok Timur

id NTB,Pemprov NTB,Kelompok Usaha Bersama,Bumdes,Lombok Timur,Ibu-ibu

KuBe dan Bumdes mampu gerakkan roda ekonomi Lombok Timur

Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi bersama istri Lale Prayatni saat meninjau Kelompok Usaha Bersama (KuBe) Wanita Adiguna dan Bumdes Mart Desa Pringgabaya Utara Kabupaten Lombok Timur, Kamis (6/6/2024). ANTARA/Pemprov NTB.

Lombok Timur, NTB (ANTARA) - Penjabat Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Gita Ariadi mengatakan, kehadiran Kelompok Usaha Bersama (KuBe) Wanita Adiguna dan Bumdes Mart Desa Pringgabaya Utara Kabupaten Lombok Timur mampu menggerakkan roda perekonomian di wilayah setempat.

"Koperasi wanita yang produktif akan menjadi nilai tambah suatu desa. Dengan ini, mudah-mudahan Desa Pringgabaya Utara bisa menjadi juara lomba desa," kata Gita saat meresmikan KuBe Wanita Adiguna dan BUMDes Mart Desa Pringgabaya Utara Lombok Timur, Kamis.

Ia menjelaskan, dengan memiliki koperasi perempuan yang produktif dapat menjadi nilai tambah Desa Pringgabaya Utara sebagai desa yang unggul.

Bahkan dengan kegiatan ekonomi kreatif seperti KuBe dan Bumdes Mart ini, kesejahteraan ibu-ibu dapat meningkat.

Karena itu, lanjut Gita, keberadaan KuBe dan Bumdes ini perlu didukung oleh semua pihak.

"Kegiatan ekonomi kreatif dengan KuBe ini sangatlah strategis dalam kaitannya bisa menekan angka pernikahan dini, termasuk menurunkan angka stunting," katanya.

Baca juga: Gubernur Lampung Arinal berharap TVRI publikasikan program BUMDes
Baca juga: Bangkalan Jatim meraih dua Penghargaan Berkat Program Inovasi


KuBe Wanita Adiguna dan Bumdes Mart Desa Pringgabaya Utara menggandeng PT Vena Energi sebagai mitra. Bahkan, terbentuknya KuBe ini bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Pringgabaya Utara, utamanya dalam pemberian modal produktifitas KuBe setempat.

"Jadi KuBe dan Bumdes ini perannya begitu strategis dalam menekan berbagai permasalahan sosial di daerah," katanya.