Pelaku UMKM diimbau tak naikkan harga saat MXGP 2024 di Mataram

id UMKM Mataram,mxgp,naikkan harga,dipar mataram

Pelaku UMKM diimbau tak naikkan harga saat MXGP 2024 di Mataram

Areal stan usaha mikro kecil menegah (UMKM) yang disiapkan panitia di kawasan VIP MXGP Sirkuit Selaparang Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). ANTARA/Nirkomala

Hal ini sebagai salah satu upaya kita memberikan kesan baik kepada para tamu yang datang ke kota kita
Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mengingatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) agar tidak menaikkan harga saat kegiatan Motocross Grand Prix (MXGP) 2024.

"Hal ini sebagai salah satu upaya kita memberikan kesan baik kepada para tamu yang datang ke kota kita," kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram Cahya Samudra, di Mataram, Kamis.

Hal tersebut disampaikan sebagai langkah antisipasi adanya pelaku UMKM termasuk pariwisata yang mengambil kesempatan kepada para tamu MXGP yang dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Selaparang Kota Mataram, 29 Juni-7 Juli 2024, dengan menaikkan harga dari harga normal.

Terkait dengan itu, katanya pula, jauh-jauh hari pihaknya sudah memberikan sosialisasi dan imbauan kepada para pelaku UMKM dan pariwisata di kota ini.

Baca juga: Pagelaran seni budaya siap semarakkan MXGP 2024 di Mataram

Seperti UMKM mutiara yang biasa menjadi incaran para tamu yang datang ke Kota Mataram dan NTB pada umumnya, begitu juga dengan pelaku UMKM kriya lainnya, termasuk kuliner, dan "fashion".

"Kami juga mengingatkan kepada pelaku pariwisata dan UMKM agar menjaga kualitas agar dapat memberikan kepercayaan bagi para tamu," katanya pula.

Di sisi lain, pihaknya juga sudah mengumpulkan kelompok sadar wisata (pokdarwis) sejumlah objek wisata di Kota Mataram seperti Taman Loang Baloq dan Pantai Ampenan.

Baca juga: Tim kesehatan disiapkan jelang MXGP 2024 di Sirkuit Mataram

Hal itu dimaksudkan agar para petugas dapat menjaga kebersihan, ketertiban dan keamanan selama pelaksanaan MXGP 2024, sebab tidak menutup kemungkinan, para tamu tidak hanya ingin menonton MXGP tapi juga ingin datang berwisata di Kota Mataram.

"Jadi kita harus siap-siap dan berikan kesan serta layanan terbaik bagi para tamu," katanya pula.

Dengan ada upaya-upaya itu, ujar Cahya, target tiga sukses yang ditetapkan Pemerintah Kota Mataram yakni sukses penyelenggaraan, sukses ekonomi, dan sukses pencitraan bisa tercapai sesuai harapan.

Baca juga: Pemkot ajak warga Mataram jadi tuan rumah "Harum" saat MXGP 2024
Baca juga: Pemkot Mataram targetkan tiga sukses dalam penyelenggaraan MXGP 2024