Jasa Raharja NTB Promosikan UMKM di PPI Expo

id Jasa Raharja

Kepala PT Jasa Raharja Cabang NTB M Zulham Pane (tengah), foto bersama dengan pelaku UMKM binaan yang ikut pameran PPI Expo di Lombok Epicentrum Mall Kota Mataram. (ANTARA NTB/Awaludin)

"Promosi produk tersebut bertujuan memberikan akses pemasaran pada dunia luas bagi pelaku usaha dan mitra binaan kami"
Mataram (Antara NTB) - Perseroan Terbatas Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Barat ikut serta mempromosikan produk pelaku usaha mikro kecil menengah binaannya di ajang pameran produk unggulan Perdagangan, Pariwisata, dan Investasi (PPI) Expo 2017.

"Promosi produk tersebut bertujuan memberikan akses pemasaran pada dunia luas bagi pelaku usaha dan mitra binaan kami," kata Kepala PT Jasa Raharja Cabang NTB M. Zulham Pane di sela meninjau stan pameran UMKM binaannya di Mataram, Kamis (30/11).

Pameran produk unggulan (PPI) Expo yang diikuti beberapa provinsi di Indonesia tersebut digelar di Lombok Epicentrium Mall Kota Mataram, mulai 30 November hingga 3 Desember 2017.

Pelaku UMKM binaan yang diikutsertakan dalam "event" berskala nasional tersebut, kata Zulham, merupakan yang terpilih dan unggulan, yaitu Lombok Craft yang memproduksi kerajinan cukli.

Selain itu, Dharma Setya Artshop yang memproduksi kain tenun khas NTB, Tifa Pearls yang menawarkan kerajiban mutiara dan Uniwis yang mempromosikan produk konveksi atau "bed cover".

Melalui pameran tersebut, diharapkan akan membawa perubahan yang berarti terhadap mitra binaan dalam mengenalkan potensi pasar lebih luas lagi.

Sebagai salah satu BUMN, PT Jasa Raharja (Persero) memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan dengan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL).

Zulham menjelaskan bahwa program kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Jasa Raharja agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan berbagai efek ekonomi bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal itu diharapkan dapat mendukung kegiatan usaha Jasa Raharja.

Program kemitraan berupa pinjaman modal bergulir dan pembinaan manajerial yang diberikan kepada mitra binaan dengan jasa administrasi sebesar 3 persen per tahun.

Program Bina Lingkungan merupakan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat dan untuk kelestarian lingkungan di sekitar wilayah operasi Jasa Raharja melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN dan bersifat hibah.

"Program PKBL merupakan program yang digariskan dari Kementerian BUMN ke BUMN-BUMN dengan harapan dapat mengentaskan kemiskinan dan pemerataan ekonomi rakyat sehingga berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Zulham.

Pada tahun 2017, Jasa Raharja Cabang NTB telah menyalurkan dana Program Kemitraan sebesar Rp900 juta untuk 43 mitra, sedangkan total nilai dana Program Bina Lingkungan yang sudah disalurkan sebesar Rp1 miliar.

Miliaran rupiah dana bantuan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat tersebut diarahkan untuk pendidikan, pembangunan dan perbaikan sarana ibadah, bantuan sosial kemasyarakatan, serta sarana dan prasarana umum. (*)

Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar