Pangdam Benny: jaga Netralitas TNI dalam Pilkada

id Pangdam udayana,Netralitas tni,Pilkada serentak,Korem 162/Wira Bhakti

Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto (kiri) saat memberikan pengarahan kepada para prajurit, ASN TNI dan persit di Makorem 162/Wira Bhakti, Mataram, NTB, Selasa (13/2). (Foto Penrem 162/WB)

Harus saya tekankan betul kepada prajurit bahwa TNI pada tingkat apapun Pilkada-nya, termasuk pemilu nasional (Pilpres 2019) nanti, harus netral. Ini perintah pimpinan TNI yang harus ditaati
Mataram, (Antaranews NTB) - Panglima Kodam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Benny Susianto mengingatkan prajurit yang bertugas di bawah satuan jajaran Korem 162/Wira Bhakti, untuk tetap menjaga netralitas TNI selama musim Pilkada.

"Harus saya tekankan betul kepada prajurit bahwa TNI pada tingkat apapun Pilkada-nya, termasuk pemilu nasional (Pilpres 2019) nanti, harus netral. Ini perintah pimpinan TNI yang harus ditaati," kata Mayjen TNI Benny Susianto di Mataram, Selasa.

Pangdam Benny yang didampingi Danrem 162/Wira Bhakti Kolonel Inf Farid Makruf, mengungkapkan hal tersebut saat ditemui wartawan dalam kunjungannya ke Makorem 162/Wira Bhakti, Selasa siang.

Dalam kunjungannya ke Lombok bersama istri, Pangdam Benny mendapat sambutan hangat dari seluruh pejabat dan prajurit TNI yang hadir.

Selain bersilaturahmi dengan kalangan prajurit dibawah satuan Korem 162/Wira Bhakti, Pangdam Benny mengagendakan untuk bertemu dengan para pemangku jabatan di lingkup pemerintahan NTB, termasuk dengan rekan Polri serta panitia pelaksana pemilu.

Agenda tersebut tentunya untuk memastikan situasi keamanan dalam pelaksanaan pesta demokrasi rakyat yang puncak kegiatannya akan berlangsung secara serentak pada 27 Juni 2018.

"Itu juga salah satu tujuan saya hadir, menciptakan Pilkada yang damai, dengan bertemu para pejabat disini," ujarnya.

Namun berdasarkan laporan yang diterima dari bawahannya terkait dengan peta keamanan untuk wilayah NTB, Pangdam Benny mengungkapkan bahwa situasi masih bisa terkendali dan kondusif.

"Dari laporan komandan bawahan saya, dalam hal ini Danrem 162/Wira Bhakti, sampai saat ini situasi masih kondusif, aman terjaga," ucapnya.

Meskipun demikian, dalam pengamanan Pilkada pihaknya dikatakan tetap melaksanakan tugas secara profesional, membantu Polri dalam memberikan jaminan keamanan bagi masyarakat.

"Untuk Pilkada, tugas kita adalah perbantuan untuk Polri. Jadi semua kekuatan yang ada di wilayah akan membantu," katanya.(*)
Pewarta :
Editor: Dimas
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar