Pembayaran Jasa Penyeberangan Pelabuhan Bangsal gunakan e-Money

id wisata tiga gili,e-money ,bank mandiri ,lombok utara

Pembayaran Jasa Penyeberangan Pelabuhan Bangsal gunakan e-Money

Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH dan Area Head Bank Mandiri Mataram Nusra Gunawan Edi Sasongko Edy Sasongko pada launching penggunaan sistem e-money untuk pembayaran jasa penyeberangan. Foto Humas dan Protokol Setda KLU.

Harapan kami pihak Bank Mandiri lebih sering menyosialisasikan mengenai e-money ini, dan koperasi akan memberikan 100 kartu gratis khusus untuk para pedagang
Lombok Utara (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat mengguanakan uang elektronik atau e-Money  untuk pembayaran jasa penyeberangan dari  Pelabuhan Bangsal ke objek wisata tiga gili (pulau kecil) Trawangan, Meno dan Gili Air di  Kecamatan Pemenang.

Humas dan Protokol Setda Lombok Utara melalui siaran pers yang diterima di Mataram, Jumat, menyebutkan  Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH menghadiri Launching penggunaan e-Money untuk pembayaran jasa penyeberangan tersebut di Pelabuhan Bangsal Rabu (7/3).

Hadir juga dalam kesempatan itu Sekda Lombok Utara Drs H Suardi MH, Perwakilan Syahbandar, Head Leader Area Bank Mandiri, Kadis Perhubungan Perikanan dan Kelautan Lombok Utara Syamsul Rizal, Perwakilan Kepala organisasi perangkat daerah (OPD) Sekcam Pemenang beserta tamu undangan lainnya.

Ketua Koperasi Karya Bahari Baharudin menyatakan kini mengelola tiket penyeberangan ke gili menggunakan sistem e-money atau nontunai.

"Harapan kami pihak Bank Mandiri lebih sering menyosialisasikan  mengenai e-money ini, dan koperasi akan memberikan 100 kartu gratis khusus untuk para pedagang," ujarnya.
Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH, Area Head Bank Mandiri Mataram Nusra Gunawan Edi Sasongko Edy Sasongko dan Ketua Koperasi Karya Bahari Baharudin berfoto  bersama usia launching penggunaan sistem e-money untuk pembayaran jasa penyeberangan. Foto Humas dan Protokol Setda KLU.


Sementara itu Bupati Lombok Utara Dr H Najmul Akhyar SH MH  melihat potensi kunjungan dari Pelabuhan Bangsal ke objek wisata Gili Trawangan, Meno dan Gili Air yang kian bertambah tiap tahunnya, maka penggunaan sistem e-money ini memberikan banyak keuntungan.

"Dari tingkat kunjungan yang hampir mencapai satu juta pengunjung pertahun ke tiga gili ini, diprediksi Kabupaten Lombok Utara akan menjadi daerah yang pendapatannya dari sektor pariwisata paling besar, " katanya.

Namun, kata dia, karena permasalahan wisatatawan  yang datang masih menggunakan paspor pelancong, belum lagi kedatangan wisatawan yang tidak  meliwati pelabuhan, ini menjadi salah satu kendala yang dihadapi.

"Berbagai masalah yang kita hadapi ini menyebabkan  potensi pendapatan dari pariwisata lebih rendah dari bidang pertanian, sehingga Pemda Kabupaten Lombok Utara bekerja sama dengan Bank Mandiri melakukan inovasi pembayaran dengan e-money, untuk mengurangi kebocoran yang diduga terjadi selama ini," kata Najmul Akhyar.

Ia berharapa ke depan sektor  pariwisata bisa berkaitan langsung dengan pertanian. Karena itu Pemkab Lombok Utara membangun pasar hortikultura sehingga pengusaha di objek wisata tiga gili tidak perlu lagi membeli sayur ke daerah lainnya, karena stoknya sudah disiapkan.
Bupati Lombok Utara DR H Najmul Akhyar SH MH menyampaikan sambutan pada launching penggunaan sistem e-money untuk pembayaran jasa penyeberangan. Foto Humas dan Protokol Setda KLU.
Sementara itu Area Head Bank Mandiri Mataram Nusra Gunawan Edi Sasongko Edy Sasongko menyatakan penandatanganan MoU antara Bank Mandiri dengan Koperasi Karya Bahari dalam penggunaan e-money bisa terealisasi dan mulai  operasional.

Menurut dia, penggunaan e-money merupakan gerakan nasional Bank Mandiri, dimana kurang lebih 13 juta kartu e-money sudah diluncurkan.

"Pembayaran melalui e-money  lebih praktis, cepat dan mudah dilakukan oleh masyarakat pada umunnya," ujarnya.

Logikanya, kata dia, apabila sejuta wisatawan membayar dengan sistim e-money, Kabupaten Lombok Utara  diprediksi menjadi daerah yang berpenghasilan dari aspek pariwisata terbesar di Provinsi NTB.

Terobosan sistem e-money membuat sejarah baru di Kabupaten Lombok Utara, karena Dermaga Bangsal telah mulai menerapkan e-money untuk transaksi penyeberangan dan kedatangan wisatawannya. (*)