DLH gelar lomba reels video penangan sampah di Mataram

id Dinas Lingkungan Hidup,Kota Mataram,lomba penanganan sampah

DLH gelar lomba reels video penangan sampah di Mataram

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataram H Nizar Denny Cahyadi. (ANTARA/Nirkomala)

Mataram (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, menggelar lomba reels video penangan sampah sebagai salah satu cara mengedukasi masyarakat terkait kebersihan rumah tangga dan lingkungan sekitar.

"Lomba pembuatan reels video ini sudah kami buka sejak dua pekan lalu, dan terakhir video diserahkan pada 25 Agustus 2024," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Mataran H Nizar Denny Cahyadi di Mataram, Jumat.

Baca juga: DLH Mataram siapkan opsi tangani sampah antisipasi penutupan TPA

Kegiatan lomba reels video penangan sampah itu terbuka untuk masyarakat umun di Kota Mataram sebab kegiatan tersebut merupakan rangkaian menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 RI dan HUT ke-31 Kota Mataram pada 31 Agustus 2024.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan lomba tersebut DLH bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Mataram untuk melakukan penerimaan hasil karya peserta termasuk seleksi dan penilaian.

"Untuk hadiah, kita siapkan selain penghargaan ada jutaan uang tunai juga," kata Denny yang enggan menyebut angka pasti.

Diharapkan melalui lomba reels video penangan sampah dapat memotivasi masyarakat untuk berkreasi menangani sampah rumah tangga dan lingkungan.

Baca juga: PUPR: Penanganan sampah pantai di Mataram perlu koordinasi lintas sektor

Misalnya, dengan melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik kemudian pengolahannya. Untuk sampah organik sisa makanan dan sayuran skala rumah tangga bisa diolah jadi pupuk kompos.

Sedangkan sampah anorganik berupa botol, dan gelas plastik dapat dijual ke pengepul atau digunakan sebagai wadah tanaman hias atau hortikultura melalui program pemanfaatan pekarangan.

"Prinsipnya, lomba reels video penangan sampah bagian edukasi masyarakat dalam pengolahan sampah," katanya.

Menurut Denny yang juga menjadi Ketua Panitia HUT ke-31 Kota Mataram, hadiah para pemenang lomba akan diserahkan langsung usai upacara puncak perayaan HUT Kota Mataram pada tanggal 31 Agustus 2024, yang dilaksanakan di Lapangan Sangkareang.

Baca juga: DLH siapkan skenario penanganan sampah saat MGXP 2024 di Mataram

Dikatakan, lomba reels video penangan sampah tersebut menjadi salah satu dari 77 kegiatan yang dilaksanakan organisasi perangat daerah (OPD) se-Kota Mataram dalam menyambut, memeriahkan, dan menyemarakkan HUT Kota Mataram tahun 2024.

Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak akhir Juli 2024, dengan berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan dengan melibatkan masyarakat secara langsung agar semangat HUT Kota Mataram juga dirasakan masyarakat secara luas.

Beberapa kegiatan sosial kemasyarakatan yang telah dilaksanakan diantaranya, layanan vaksinasi hewan kesayangan, fun run 5 kilometer, Gowes Harmoni, lomba perahu layar, lomba burung perkutut, tarik tambang, dan kegiatan-kegiatan lain.

"Kegiatan-kegiatan menyemarakkan HUT Kota Mataram masih akan berlangsung hingga bulan September 2024," katanya.*

Baca juga: Penampungan sampah ditutup, Pejabat Pemkot Mataram tinjau TPA Kebon Kongok