Hasil seleksi PPPK 2024 diumumkan kapan? berikut penjelasannya

id seleksi PPPK,pembukaan seleksi PPPK 2024,seleksi PPPK 2024,pengumuman seleksi PPP 2024

Hasil seleksi PPPK 2024 diumumkan kapan? berikut penjelasannya

Para PPPK di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB saat menerima SK pengangkatan di Mataram, Selasa (30/04/2024) (ANTARA/HO-Humas Pemkab Lombok Timur)

Jakarta (ANTARA) -

Proses seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 telah menarik perhatian para pelamar di seluruh Indonesia. Seleksi PPPK dapat menjadi pilihan lain untuk melamar posisi jabatan sebagai pegawai pemerintah selain seleksi CPNS.

Seleksi PPPK adalah rekrutmen pegawai aparatur sipil negara (ASN) yang dipekerjakan berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu guna melaksanakan tugas pemerintahan. PPPK berbeda dengan Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena tidak memiliki status pegawai tetap.

Masa kerja PPPK ditetapkan sesuai dengan perjanjian kerja yang disepakati, waktu masa kerja berkisar minimal 1 tahun, kembali lagi pada kebutuhan instansi. Namun, kontrak kerja PPPK dapat diperpanjang berdasarkan evaluasi kinerja dan kebutuhan instansi.

Baca juga: Alhamdulillah!! Rekrutmen PPPK 2024 dibuka, berikut persyaratan daftarnya

Lantas, kapan hasil seleksi PPPK 2024 diumumkan?

Berdasarkan akun Instagram resmi BKN menyatakan bahwa pembukaan seleksi PPPK 2024 ini belum dibuka, begitu pun dengan pengumuman hasil seleksi PPPK 2024.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Abdullah Azwar Anas, pendaftaran seleksi PPPK 2024 akan dibuka setelah pendaftaran CPNS yakni sekitar bulan September.

Menpan-RB mengatakan masih mempersiapkan teknis seleksi PPPK 2024 untuk memastikan semua tahapan seleksi berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kendala bagi para pelamar. Jika persiapan seleksi PPPK 2024 sudah siap, pihaknya akan mengumumkan informasi ini melalui situs resmi BKN atau SSCASN.

Pembukaan dan pengumuman hasil seleksi PPPK 2024 menjadi momen yang ditunggu-tunggu bagi banyak pelamar. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan sambil menunggu kepastian tanggal pembukaan dan hasil pengumuman hasil seleksi PPPK 2024.

Pantau situs resmi secara rutin

Calon pelamar dihimbau untuk tetap memantau situs resmi BKN dan portal SSCASN untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai informasi pembukaan dan pengumuman hasil seleksi. Informasi yang resmi hanya akan dikeluarkan melalui situs resmi ini.

Persiapkan dokumen tambahan

Meskipun tanggal pembukaan dan pengumuman hasil seleksi belum diumumkan, tidak ada salahnya untuk mulai mempersiapkan dokumen-dokumen tambahan yang mungkin diperlukan jika Anda dinyatakan lolos, seperti pas foto terbaru, ijazah asli, transkrip nilai, SKCK, surat keterangan sehat, dan lainnya.

Rutin latihan soal seleksi PPPK
 

Dengan rutin latihan soal seleksi PPPK tahun lalu atau prediksi soal yang akan keluar, dapat membantu Anda untuk terbiasa mengerjakan soal, memahami materi seleksi, dan mampu mengerjakan soal ini saat pelaksanaan tes seleksi.

Dalam tahapan seleksi PPPK, terdapat banyak tes yang wajib dikerjakan oleh para pelamar yakni tes kompetensi. Tes kompetensi merupakan soal-soal yang mengukur nilai kemampuan dan kecocokan pelamar dengan posisi yang dilamar. Pengerjaan soal-soal ini diberikan waktu terbatas, sehingga selain menjawab soal dengan jawaban yang tepat, pelamar juga harus mengerjakan soal tes dengan cepat.

Itulah informasi terkait seleksi PPPK 2024. Maka, bagi para pelamar disarankan untuk terus memantau perkembangan terbaru melalui sumber-sumber resmi dan tidak terpengaruh oleh informasi yang belum terverifikasi.

Baca juga: Jumlah pelamar CPNS di NTB tembus 1.000 orang
Baca juga: Pendaftaran CPNS dan PPPK 2024 di Bima dibuka
Baca juga: Pemkab Sumbawa terima keputusan Kemenpan RB untuk penetapan kebutuhan PPPK
Baca juga: 1.539 PPPK Dompu terima SK pengangkatan
Baca juga: Rekrutmen PPPK di Mataram mulai Juni 2024