NTT dan Kalsel pastikan diri ke-8 besar di PON

id PON 2024, Aceh-Sumut, Sepakbola, NTT, Kalsel

NTT dan Kalsel pastikan diri ke-8 besar di PON

Ilustrasi- Tim sepakbola putra Jawa Tengah saat membangun serangan ke tim Sumut dalam pertandingan PON XXI Aceh-Sumut 2024, di Banda Aceh, Jumat (6/9/2024) (ANTARA/Rahmat Fajri)

Banda Aceh (ANTARA) -
Tim Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan diri ke perempat final cabang sepak bola putra Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024.
 
NTT lolos setelah mengalahkan Gorontalo 4-0 dalam pertandingan ketiga Grup D di Stadion Paseh Sigli Aceh pada Senin (9/9) petang. NTT sudah mencetak gol pada menit ke-38 Fatirahman yang lolos dari jebakan lini belakang lawan, berhasil menaklukkan kiper Gorontalo untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Pada menit ke-42, Alberto Soares menambah keunggulan NTT menjadi 2-0 setelah dia menerima umpan silang Deni. Pada babak kedua, NTT masih terus menguasai permainan dan terus membombardir pertahanan Gorontalo.

Crespo kembali menambah keunggulan NTT menjadi 3-0 menit ke-62 lewat tendangan keras dari jarak dekat. Gol keempat NTT dicetak oleh Efrem Abi pada menit ke-77. Skor akhir adalah 4-0.

Sedangkan Kalsel mengamankan tiket ke fase selanjutnya setelah menghajar Sumatera Barat dengan skor 7-1 di stadion yang sama pada Senin malam. Duel antara Kalsel melawan Sumbar cukup menarik sejak menit awal dan silih berganti melakukan serangan.

Kalsel mampu menjebol gawang Sumbar pada menit ke-18 melalui Muhammad Said. Unggul 1-0 membuat Kalsel semakin meningkatkan tempo permainan dengan mengurung Sumbar hingga tercipta gol kedua pada menit 32 melalui Akhmad Riyadi.

Baca juga: Persiapan dua tahun jadi kunci perolehan emas Tim Jatim
Baca juga: Kontingen Aceh pimpin jumlah atlet dan ofisial terbanyak


Muhammad Said kembali membobol gawang Sumbar pada menit ke-40. Kedudukan 3-0 bertahan hingga turun minum. Kalsel berhasil mencetak empat gol di babak kedua pada menit ke-46, 59, 81, dan 93.
 
Sementara Sumatera Barat hanya mendapat satu gol hiburan. Keunggulan 7-1 Kalsel bertahan sampai pertandingan usai. Dengan hasil ini, enam tim yang sudah memastikan tiket babak delapan besar adalah Aceh, Sumut, Jatim, Papua Pegunungan, NTT dan Kalsel. ​​​​​​

Hasil pertandingan cabang sepakbola putra pada Senin 9 September:

Grup D
NTT 4-0 Gorontalo
Kalsel 7-1 Sumbar