Pemkab Lombok Barat bangun dapur umum untuk korban gempa

id Gempa Bumi Lombok,Lombok Barat

Kondisi rumah penduduk dan tempat ibadah yang rusak akibat gempa 7 Skala Richter mengguncang Pulau Lombok, termasuk Kabupaten Lombok Barat, NTB, pada Minggu (5/8) pukul 19.46 Wita. (Foto Antaranews NTB/Humas Lobar)

Pemerintah Provinsi NTB juga berjanji untuk membantu
Lombok Barat (Antaranews NTB) - Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, membangun dapur umum yang akan menyediakan bungkusan nasi beserta lauk-pauk untuk korban gempa di sejumlah kecamatan terdampak.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Lombok Barat NM Ambaryati di Lombok Barat, Rabu mengatakan dapur umum bergerak sudah tersedia dan siap beroperasi untuk menyediakan makanan siap saji bagi korban gempa.

"Kami sudah bisa menariknya dari Kabupaten Lombok Utara dan Lombok Timur," katanya sambil berjanji bahwa dapur umum bisa dioperasikan mulai Rabu, untuk menyiapkan nasi bungkus bagi korban gempa di empat kecamatan terdampak parah, yakni Gunungsari, Batulayar, Lingsar, dan Narmada.

Untuk operasional dapur umum, kata dia, dibutuhkan 2,4 ton beras setiap hari. Beras tersebut bisa bersumber dari cadangan beras pemerintah yang tersimpan di gudang Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional NTB.

"Pemerintah Provinsi NTB juga berjanji untuk membantu mengatasi persoalan bantuan makanan siap saji bagi warga terdampak gempa di Lombok Barat," ujarnya.

Selain dapur umum Pemkab Lombok Barat, sarana penyediaan makanan siap saji tersebut juga akan dibangun oleh Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) NTB yang dipimpin oleh Baiq Diyah Ratu Ganefi.

Ganefi mengatakan dapur umum Iwapi akan menyiapkan bungkusan nasi lengkap dengan lauk-pauk sebanyak 3.000 bungkus per hari.

"Bisa jadi satu hari itu menghabiskan 300 kilogram beras dan itu akan kami kirimkan ke dapur umum. Tentunya untuk kebutuhan, kami koordinasi dengan pak camat," katanya.

Iwapi, kata dia, tidak bekerja sendiri, melainkan meminta bantuan organisasi wanita yang tergabung dalam Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dharma wanita persatuan tingkat Kecamatan.

Demikian pula posko bencana di Kecamatan Lingsar, Gunungsari dan Batulayar akan memberlakukan hal yang sama.

Pihaknya juga akan turut membantu dengan menyalurkan bahan makanan berupa beras, telur, air kemasan dan mi instan. Untuk itu dalam merealisasikan bantuan logistik dibutuhkan tempat khusus. (*)
Pewarta :
Editor: Awaludin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar