Tiga pasangan cagub/cawagub NTB cabut undian nomor urut pilkada

id NTB,Pilkada 2024,Cabut Undian Nomor Urut Pilkada NTB 2024,KPU NTB

Tiga pasangan cagub/cawagub NTB cabut undian nomor urut pilkada

Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Sitt Rohmi Djalilah-Musyafirin, Zulkieflimansyah-Suhaili FT dan Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri didampingi para komisioner KPU NTB pada rapat pleno pengundian nomor urut di Halaman Kantor KPU NTB, Senin malam (23/9/2024). (ANTARA/Nur Imansyah).

Mataram (ANTARA) - Tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat yang akan berlaga di Pilkada 2024 mengikuti rapat pleno pengundian nomor urut di Halaman Kantor KPU NTB, Senin (24/9) malam.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan pendukung dan partai politik pengusung dari masing-masing tiga pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB.

Pengundian menggunakan metode yang dibuat oleh KPU NTB. Dalam beberapa tahapan yang dijalankan, maka hasil undian nomor urut 1 didapat oleh pasangan Sitti Rohmi Djalilah dan W Musyafirin (Rohmi-Firin)

Selanjutnya pasangan nomor urut 2 didapat oleh pasangan Zulkieflimansyah dan Moh Suhaili FT (Zul-Uhel). Kemudian pasangan Lalu Muhamad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri (Iqbal-Dinda).

Baca juga: DPT pilkada serentak 2024 di NTB capai 3,964 juta

Ketua KPU NTB, Muhammad Khuwailid mengatakan rapat pleno terbuka pengundian nomor urut pasangan calon ini merupakan rangkaian dari tahapan pilkada serentak 2024 sebelum memasuki masa kampanye.

"Jadi pengundian ini rangkaian dari tahapan pilkada serentak pilkada NTB 2024," ujarnya.

Untuk pengundian nomor urut ini, lanjut Khuwailid dilakukan berdasarkan urutan saat pendaftaran ke KPU NTB, di mana saat pendaftaran itu pasangan Zulkieflimansyah-Moh Suhaili FT sebagai pendaftar pertama.

Baca juga: KPU NTB lakukan debat cagub/cawagub tiga kali

Selanjutnya pendaftar kedua, yakni pasangan Sitti Rohmi Djalilah-Musyafirin, dan pendaftar ketiga pasangan Lalu Muhamad Iqbal dan Indah Dhamayanti Putri.

KPU NTB menetapkan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur NTB diikuti tiga pasangan calon yang telah dinyatakan memenuhi syarat. Tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni pasangan calon Zulkieflimansyah-Moh Suhaili FT yang diusung tiga partai politik, yakni Partai NasDem, PKS dan Demokrat.

Selanjutnya pasangan calon Sitti Rohmi Djalilah-W Musyafirin yang diusung empat partai politik, yakni PKB, Perindo, PDI Perjuangan dan Partai Ummat.

Baca juga: Mengenal tiga pasangan calon kepala daerah NTB

Kemudian pasangan calon Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri yang diusung 10 partai politik, yakni yakni PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PSI.

Selain para komisioner KPU NTB, hadir dalam kegiatan itu, Penjabat Gubernur NTB Hassanudin, Ketua DPRD NTB Baiq Isvie Rupaeda dan sejumlah pimpinan Forkopimda NTB.