Kantor SAR Mataram antisipasi musibah saat libur Natal-Tahun Baru

id SAR Mataram,Natal,Tahun Baru,Apel Siaga

Kantor SAR Mataram antisipasi musibah saat libur Natal-Tahun Baru

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, I Nyoman Sidakarya, memimpin apel kesiapsiagaan personel dan peralatan untuk mengantisipasi jika terjadi musibah menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019. (Foto Antaranews NTB/ist)

Sebagai insan SAR, kita harus selalu meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan
Mataram (Antaranews NTB) - Kantor SAR Mataram, Nusa Tenggara Barat, Kamis, menggelar apel kesiapsiagaan personel dan peralatan untuk mengantisipasi jika terjadi musibah menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Apel tersebut dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan peralatan yang dikerahkan dalam melaksanakan siaga," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mataram, I Nyoman Sidakarya.

Ia mengatakan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Unit Pelaksana Teknis di wilayah NTB melaksanakan siaga selama 14 hari terhitung mulai 20 Desember 2018 hingga 2 Januari 2019.

Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan di darat maupun laut.

Puluhan personel dan peralatan diterjunkan di beberapa titik lokasi yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan, seperti pelabuhan penyeberangan, bandar udara dan tempat-tempat wisata.

"Personel yang dikerahkan akan disebar di beberapa tempat, antara lain Pelabuhan Bima, Bandara M Salahuddin Bima, Pelabuhan Kayangan, Pelabuhan Lembar, Bandara Internasional Lombok (LIA), Pelabuhan Pemenang, Bandara M. Kaharudin Sumbawa dan beberapa tempat obyek wisata," kata Sidakarya saat memimpin apel.

Ia menambahkan dalam pelaksanaan kegiatan pengamanan selama 2 minggu ke depan, peralatan yang disiagakan, antara lain kapal Rescue Boat 220 Mataram yang sandar di Pelabuhan Lembar, Rigit Inflatabel Boat (RIB), Rubber Boat, kendaraan operasional dan peralatan lainnya.

"Sebagai insan SAR, kita harus selalu meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Laksanakanlah tugas ini dengan rasa penuh tanggung jawab, utamakan keselamatan dan sesuaikan dengan rencana atau jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya," katanya. (*)