Pusat informasi bencana, BPBD luncurkan aplikasi "Siaga NTB"

id mitigasi bencana,bpbd ntb,aplikasi bencana

Pusat informasi bencana, BPBD luncurkan aplikasi "Siaga NTB"

Ketua pengembang aplikasi Gotro, Anggri Setiawan menunjukkan aplikasi Gotro saat peluncuran aplikasi informasi kebencanaan bernama "Gotro" di Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, Jumat (18/5/2018). Aplikasi karya akademisi UGM dengan tiga menu utama yaitu informasi bencana, posko dan donasi itu guna mempermudah mitigasi bencana alam. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Aplikasi ini untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait mitigasi bencana
Mataram, (Antaranews NTB) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nusa Tenggara Barat meluncurkan sebuah aplikasi siaga bencana atau diberi nama "SiAGA NTB".

"Aplikasi ini untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait mitigasi bencana," kata Kepala BPBD NTB H Mohammad Rum di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan aplikasi tersebut dirancang dan dioperasikan serta dikelola oleh BPBD NTB.

"Di dalam aplikasi ini berisikan fitur-fitur soal laporan bencana, artinya masyarakat bisa melaporkan kejadian bencana di lingkungan masing-masing," ungkapnya.

Selain itu, kata Rum, terdapat info bencana, sehingga masyarakat bisa mendapat informasi sevara valid dan akurat tentang kejadian bencana.

Selanjutnya berkaitan dengan info SOP yakni berisikan pengetahuan tentang standard operasional dalam keadaan darurat.

Bahkan, di dalam aplikasi SiAGA NTB juga disediakan nomor penting yang bisa dihubungi dalam keaadaan darurat dan info terkini tentang cuaca. Termasuk soal Info donor darah, yang mana masyarakat bisa menemukan pendonor darah di radius tertentu.

"Jadi aplikasi ini sudah tersedia play store. Silahkan, tinggal masyarakat download SiAGA NTB, langsung terinstall," ungkapnya.

Menurut Rum, aplikasi tersebut akan dilaunching secara resmi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB pada awal Januari 2019.

"Insya Allah, rencananya Jumat atau Minggu mendatang secara resmi akan diluncurkan," katanya.