Jamkrida NTB menjamin kredit 30.000 UMKM

id Jamkrida NTB

Jamkrida NTB menjamin kredit 30.000 UMKM

Direktur PT Jamkrida NTB Bersaing, Indra Manticha (kiri), memberikan pemahaman tentang fungsi dari perusahaannya kepada para pelaku UMKM. (Foto ANTARA/Awaludin) (1)

Mataram (ANTARA) - Perseroan Terbatas Penjaminan Kredit Daerah Nusa Tenggara Barat Bersaing sudah menjamin kredit sebanyak 30 ribu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sejak perusahaan daerah tersebut mulai beroperasi pada 2013.

"Dari 600 ribu lebih UMKM di NTB, baru 30 ribu atau sebesar lima persen yang kami jamin kreditnya di perbankan hingga 2018," kata Direktur Utama PT Jamkrida NTB Bersaing, Indra Manticha di Mataram, Jumat.

Menurut dia, pangsa pasar penjaminan kredit yang dijamin oleh perusahaannya masih relatif kecil karena penjaminan hanya pada kredit yang disalurkan oleh PT Bank NTB dan PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) NTB dengan pangsa pasar sebesar 10-15 persen dari seluruh pangsar kredit perbankan di NTB.

Untuk bisa memperbesar kinerja penjaminan kredit, kata dia, perlu dukungan dana dari pemilik saham. Ketika modal sudah relatif besar, maka bank lain tidak ragu-ragu untuk bekerja sama.

"Kami tidak mungkin bekerja sama tanpa dukungan bank. Percuma kami bisa menjamin, tapi bank tidak memberikan kredit. Semakin besar yang bisa memberikan kredit, semakin banyak UMKM yang kami bisa jamin," ujarnya.

Indra menyebutkan total modal yang dimiliki perusahaannya sebesar Rp32,5 miliar. Modal tersebut berasal dari penyertaan modal Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kota Mataram, dan Pemerintah Kota Bima, Pemerintah Kabupaten Bima, Lombok Barat, dan Lombok Tengah.

Sementara lima kabupaten lainnya belum ada penyertaan modal, yakni Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, Lombok Utara, Sumbawa Barat, Sumbawa, dan Dompu.

Menurut dia, nilai modal yang sudah ada masih relatif kecil untuk mampu memberikan penjaminan kepada pelaku UMKM di NTB yang jumlahnya lebih dari 600 ribu lembaga.

Untuk itu, ia berharap dengan adanya surat Gubernur NTB kepada semua kabupaten/kota agar menyertakan modalnya mampu memperbesar modal Jamkrida NTB Bersaing.

"Jika itu terjadi, mudah-mudahan kepercayaan lembaga keuangan, baik bank atau lainnya akan lebih tinggi sehingga akan lebih banyak lagi UMKM yang kita sasar," kata Indra.

Pihaknya juga terus memberikan pencerahan kepada pelaku UMKM terkait dengan fungsi Jamkrida NTB Bersaing dalam hal pengembangan UMKM. Di mana perusahaan daerah tersebut didirikan untuk mendukung program pengembangan UMKM, terutama penciptaan 100 ribu wirausaha baru.