NEW YORK PUNYA 39 RIBU GELANDANGAN

id

New York (ANTARA) - Lebih dari 39.000 tunawisma New York melewati malam mereka di penampungan dan jumlah itu adalah rekor tertinggi dalam  25 tahun tarakhir, demikian laporan media setempat seperti dikutip Xinhua, Rabu.

Jumlah tunawisma di kota itu 39.243 jiwa termasuk 16.500 anak-anak, ungkap  Koalisi bagi Tunawisma, sebuah kelompok nirlaba tertua yang memusatkan perhatian pada tunawisma di Amerika Serikat.

Keadaan itu merupakan peningkatan 45 persen sejak Walikota New York Michael Bloomberg memangku jabatan delapan tahun lalu, kata kelompok tersebut.

Pada 2002, sebanyak 31.000 orang memanfaatkan tempat-tempat penampungan dan jumlah itu terus naik setiap tahun, kata kelompok tersebut.

Kelompok tersebut menyeru pemerintah AS agar memberi prioritas kepada tunawisma bagi program perumahan federal dan menambah jumlah tempat tidur di tempat perlindungan.

Kelompok pemerhati tunawisma  mengatakan kebijakan walikota harus dikaji ulang, termasuk keputusan untuk memutus bantuan masyarakat buat penghuni tempat penampungan.

Namun, banyak kelompok lagi mengatakan ekonomi yang buruk menjadi penyebab meningkatnya kebutuhan bagi tempat perlindungan, bukan kebijakan walikota.(*)