Gubernur NTB letakan batu pertama pembangunan Bendungan Meninting

id #Gubernur NTB,#Groundbreaking ,#Bendungan Meninting,#Zulkieflimansyah,#Pemprov NTB

Gubernur NTB letakan batu pertama pembangunan Bendungan Meninting

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Dr. Hari Suparyogi saat melakukan 'groundbreaking' dimulainya pembangunan Bendungan Meninting di Dusun Bukit Tinggi, Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Kamis (19/9/2019). (ANTARA/Humas Pemprov NTB).

Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Zulkieflimansyah melakukan "groundbreaking" atau peletakan batu pertama dimulainya pembangunan Bendungan Meninting di Dusun Bukit Tinggi, Desa Penimbung, Kecamatan Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Kamis.

Kegiatan groundbreaking Bendungan Meninting tersebut, merupakan kado di satu tahun kepemimpinan Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB, Hj. Sitti Rohmi Djalilah.

Penekanan tombol sirine dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur NTB, didampingi Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Danrem/162 Wira Bhakti, Penjabat Sekda NTB, Sekda Lombok Barat dan Kepala Dinas PUPR NTB.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengatakan kebahagiannya karena impian dari masyarakat NTB, untuk dapat menghadirkan sebuah bendungan yang dapat menyelesaikan persoalan pengairan dan ketersediaan air bersih di NTB, khususnya di Lombok bagian selatan, dalam waktu yang tidak terlalu lama.

"Ini bukan persoalan sederhana, tapi tidak ada yang tidak bisa diselesaikan, jika ada kemauan yang kuat. Hari ini kita menjadi saksi, bahwa Bendungan Meninting akan kita lakukan groundbreaking. Mudah-mudahan dengan adanya Bendungan Meninting yang sangat istimewa ini, banyak persoalan perairan dan air bersih bisa kita atasi bahkan sampai Lombok Selatan," ujarnya.

Gubernur menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Direktur Jenderal Sumber Daya Air, Dr. Hari Suparyogi, yang mengetahui detail-detail perairan di NTB dan menyarankan daerah-daerah mana saja yang dirasa cocok untuk dibangun.

"Atas nama Pemerintah Provinsi NTB kami mengucapkan banyak terima kasih, mudah-mudahan kehadiran bendungan yang istimewa dan luar biasa ini mampu menghasilkan pembangunan yang berkesinambungan, standar hidup yang lebih baik bagi masyarakat yang ada di NTB," jelasnya.

Sementara, Dirjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR, Dr. Hari Suprayogi, menyampaikan ucapan selamat atas satu tahun kepemimpinan Gubernur NTB. Ia mengatakan bahwa, Provinsi NTB merupakan daerah yang memiliki bendungan paling banyak di Indonesia. Menurut data Kementerian PUPR, sebanyak 73 bendungan kecil dan bendungan besar, NTB menempati peringkat pertama di Indonesia.

Ia menjelaskan, Bendungan Meninting mampu menampung debit air dengan kapasitas 8 juta kubik. Yang nantinya akan dimanfaatkan sebagai air irigasi dan air baku. Selain itu, keberadaan dari Bendungan ini juga akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi pariwista, yang akan menjadi nilai tambah dalam mengangkat ekonomi masyarakat di sekitarnya.

"Hari ini kita berada di Bendungan Meninting, bendungan ini memiliki tampungan lebih dari 8 juta yang manfaatnya adalah untuk irigasi dan jangan lupa untuk air baku, selain itu juga sebagai pengembangan pariwisata dan untuk mengangkat ekonomi masyarakat di wilayah bendungan," ujarnya.

Ia berharap, dengan bendungan ini, pada tahun 2022 nanti, akan menghijaukan wilayah hulu di Pulau Lombok. Untuk itu, masyarakat Lombok harus kompak membangun bendungan tersebut, sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program Gubernur NTB, dalam membangun NTB.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum NTB, Ir. Azhar menuturkan, Bendungan Meninting merupakan salah satu infrastruktur yang disiapkan untuk menampung air pada musim hujan. Sehingga bisa dimanfaatkan nanti pada musim kemarau.

Ia menjelaskan, Bendungan Meninting berada cukup tinggi dari permukaan air laut. Dengan tinggi Spillway 74 Meter. Bendungan Meninting merupakan bendungan yang memiliki genangan yang cukup dalam, sehingga bisa dapat mengalirkan air hingga ke Lombok Selatan.