Vinales mendominasi sesi latihan di Phillip Island

id maverick vinales,gp australia,phillip island,valentino rossi,andrea dovizioso,marc marquez

Vinales mendominasi sesi latihan di Phillip Island

Dokumentasi: Pebalap MotoGP Yamaha Maverick Vinales melakukan selebrasi setelah memenangkan TT Assen Grand Prix di TT Circuit Assen, Assen, Belanda, Minggu (30/6/2019). ANTARA FOTO/REUTERS/Piroschka Van De Wouw/wsj/cfo

Jakarta (ANTARA) - Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) mendominasi sesi latihan GP Australia setelah kembali menjadi yang tercepat di FP2 ketika kondisi trek mengering, Jumat siang.

Para pebalap dihadapkan dengan aspal basah sirkuit Phillip Island yang diguyur hujan pagi harinya.

Setelah kondisi trek mengering di sesi siang, semua pebalap memperbaiki catatan waktunya meski belum mampu mengalahkan waktu Vinales satu menit 28,824 detik di FP2, demikian laman resmi MotoGP.

Andrea Dovizioso (Ducati) menempel juara GP Australia tahun lalu itu di peringkat dua dengan selisih 0,496 detik. Sedangkan Cal Crutchlow (LCR Honda) melengkapi peringkat tiga besar.

Marc Marquez (Repsol Honda) sempat menjadi yang tercepat di sesi latihan siang dengan menggunakan kombinasi ban hard-hard. Namun 15 menit jelang akhir sesi, Vinales dengan ban medium-hard melesat 0,5 detik lebih cepat dari rival senegaranya itu.

Juara dunia MotoGP 2019 itu harus puas finis di peringkat enam.

Tak ada yang bisa mendekati catatan waktu Vinales ketika ia menguasai trek basah Phillip Island di FP1 dan kondisi kering di FP2.

Dovizioso finis P10 di FP1 dan mampu memperbaiki catatan waktunya di peringkat dua. Sementara Crutchlow menjadi pebalap Honda tercepat setelah kewalahan di kondisi basah dengan finis P14 pagi harinya.

Pebalap tuan rumah Jack Miller (Pramac Racing) di peringkat lima keseluruhan setelah terpaut hanya 0,017 detik dari pebalap pabrikan Ducati Danilo Petrucci.

Sementara itu, Valentino Rossi, yang akan menjalani start Grand Prix ke-400 selama karirnya di Australia, tertinggal 0,612 detik dari rekan satu timnya untuk berada di P7.

The Doctor finis lebih cepat dari Alex Rins (Suzuki Ecstar), Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini).

Rookie terbaik 2019 Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) harus melewatkan sesi FP2 setelah terjatuh hebat di Tikungan 6 pada pagi harinya.

Pebalap asal Prancis itu mengalami hematoma dan memar di bagian kakinya namun setelah mendapat perawatan medis dia diharapkan bisa turun di sisa akhir pekan ini.

Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) juga terjatuh ketika melaju kencang di Tikungan 8. Pebalap asal Spanyol itu tak mengalami cedera untungnya. Seperti halnya Francesco Bagnaia (Pramac Racing) juga terjatuh di Tikungan 2.

Cuaca yang tak menentu di Phillip Island menjadi tantangan utama para pebalap di seri ke-18 tersebut. Pebalap yang berada di luar peringkat 10 besar akan berharap cuaca cerah di FP3 pada Sabtu untuk bertarung mendapatkan tiket langsung lolos ke Q2.

Sepuluh besar waktu kombinasi latihan
1. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) – 1 menit 28,824 detik
2. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 0,496
3. Cal Crutchlow (LCR Honda Castrol) + 0,501
4. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 0,503
5. Jack Miller (Pramac Racing) + 0,520
6. Marc Marquez (Repsol Honda Team) + 0,597
7. Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 0,612
8. Alex Rins (Team Suzuki Ecstar) + 0,648
9. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 0,894
10. Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) + 0,967
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar