Percepat respon time pengaduan, PLN luncurkan Lombok Command Center

id PLN UIW NTB ,LCC ,respon time

Percepat respon time pengaduan, PLN luncurkan Lombok Command Center

Peresmian Lombok Command Center (LCC) di kantor PLN UP3 Mataram, Jln Yos Sudarso No 2 Mataram (Foto PLN UIW NTB)

Mataram (ANTARA) - Tidak pernah berhenti untuk berinovasi untuk meningkatkan layanannya kepada pelanggan, PLN Unit Induk Wilayah NTB meluncurkan Lombok Command Center (LCC).

Terobosan yang diresmikan oleh Gubernur NTB, Dr Zulkieflimansyah dalam acara Fun Walk Family Day PLN berlokasi di kantor PLN UP3 Mataram, Jln Yos Sudarso No 2 Mataram.

General Manager PLN UIW NTB melalui Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN UIW NTB, Anton Sugiarto menyampaikan, tujuan utama pembentukan LCC ini adalah untuk mempercepat response time untuk setiap pengaduan yang masuk ke sistem PLN.

Response time adalah waktu tanggap yang dihitung sejak pelanggan menginformasikan gangguannya melalui platform yang disediakan PLN sampai dengan tim pelayanan teknik sampai di lokasi pengaduan.

"Kalau sebelumnya tim pelayanan teknik terikat dengan wilayah kerja, dengan adanya LCC ini menjadi borderless. Pengaduan dari pelanggan di manapun, bisa segera diproses oleh tim pelayanan teknik yang terdekat," ujar Anton.

Selain itu, integrasi sistem pengaduan dengan cara pemusatan komando di satu tempat dari yang sebelumnya berada di enam tempat pastinya juga akan lebih memudahkan dan mempercepat koordinasi antar unit. Hal tersebut merupakan salah satu keunggulan dari LCC.

Untuk saat ini, PLN telah menambah satu lagi platform untuk menerima pengaduan pelanggan, yaitu melalui instagram @pln123 official.

"PLN telah menyediakan banyak cara yang dapat digunakan oleh masyarakat untuk membuat pengaduan. Semakin mudah dan praktis untuk melaporkan gangguan, tentunya gangguan yang memang merupakan kewenangan PLN untuk diatasi," ujar Anton.

Selain instagram, layanan pengaduan yang telah tersedia adalah melalui Contact Center 123, yaitu dengan berbicara langsung kepada operator PLN melalui 123 apabila menggunakan PSTN atau (kode area) 123 dengan menggunakan HP.
    
PLN juga menyediakan layanan pengaduan melalui twitter @pln_123, Facebook PLN 123 dan juga pln123@pln.co.id dengan Virtual Assistant PLN 123.

Seluruh _platform_ pengaduan yang disediakan, termasuk LCC dan tim pelayanan teknis tersebut bisa diakses dan online selama 24 jam.

"Semoga dengan makin lengkapnya fitur layanan ini akan semakin meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat agar pelanggan dapat menikmati listrik dengan nyaman," kata Anton.