Menggenggam Surga kecil di Pantai Jelenga Sumbawa Barat

id Pantai Jelenga,AMNT,Sumbawa Barat

Menggenggam Surga kecil di Pantai Jelenga Sumbawa Barat

(Feri Mukmin Pertama)

Taliwang (ANTARA) - Jajaran pantai di sebelah barat Kabupaten Sumbawa Barat yang eksotis dan memukau telah dikenal oleh banyak wisatawan, bahkan wisatawan mancanegara sudah tidak asing lagi jika mendengar nama-nama pantai yang memberikan view yang ciamik, berpasir putih dan memiliki ombak yang luar biasa untuk surving. 

 Salah satu pantai yang tidak pernah habis untuk dieksplore dan digali keindahannya adalah pantai Jelenga yang berada di kecamatan Jereweh Kabupaten Sumbawa Barat.

Pantai ini, berjarak sekitar 30 km dari kota Taliwang. Jika ingin ke sana, wisatawan dapat menggunakan sepeda motor atau mobil melewati ladang dan lahan pertanian warga yang terlihat cantik dan hijau. Biasanya lahan sepanjang jalan tersebut ditanami jagung. 

Melewati jalan aspal sambil menikmati hijaunya pemandangan dapat memberi imajinasi dan pengalaman baru bagi pengunjung sebelum menikmati pantai.

Tidak cukup di situ, wisatawan akan disambut masyarakat desa Jelenga yang ramah, sopan dan baik. Warga desa setempat rata-rata bekerja sebagai nelayan dan mengembangkan pariwisata. 

Hadirnya Kelompok Sadar Wisata Alam Asri di Jelenga menambah semangat warga untuk mengembangkan pariwisata. Di bawah bimbingan PT. Aman Mineral Nusa Tenggara, Pokdarwis Alam Asri dapat memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat bagaimana mengembangkan pantai untuk peningkatan ekonomi warga.

Pokdarwis Alam Asri beberapa waktu lalu telah berhasil meraih penghargaan pada ajang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) pada 2019, penghargaan diraih karena mampu mengelola pariwisata untuk kesejahteraan masyarakat sekitar sehingga menerapkan pariwisata berkelanjutan.

Pantai Jelenga merupakan salah satu pantai berpasir putih di Sumbawa Barat. Garis pantai yang membentang dan melengkung membuat mata tak mau berkedip. Pantai ini juga terkenal sebagai pantai yang memiliki sunset yang indah. Jika ingin menikmati indahnya sunset, duduk lah di pasir dan rasakan pantulan hangatnya cahaya mentari yang kemerahan.

Salah satu wisatawan asal Lombok, Maliki, mengungkapkan kekagumannya dengan apa yang dimiliki oleh pantai Jelenga. Suguhan indahnya alam membuatnya tak mau beranjak dari pantai tersebut. 

"Ini salah satu surga. Pasirnya yang putih dan ombaknya yang menawan membuat para peselancar betah, seolah kita menggenggam surga kecil," katanya. 

Menurutnya, berjalan di pasir putih yang sekilas tampak seperti butiran merica sambil menikmati ombak menyapu jejak kaki, serta menatap bentang alam pemandangan yang hijau berbukit seketika mendatangkan ketenangan jiwa. 

Hanya deru ombak yang memecah karang yang terdengar di pantai yang berjarak 7 kilometer dari desa Goa kecamatan Jereweh, tenang, hening, damai jika senja mulai terlihat. 

Warga desa Jelenga, Ardy mengatakan, para wisatawan mancanegara pecinta olahraga air menyebut pantai Jelenga sebagai "Scar Reef" lantaran gelombangnya berbentuk seperti gulungan karpet yang tingginya dua sampai tiga meter. 

"Pantai ini sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun mancanegara", kata Ardy.

Selain ombak yang menawan, Jelenga juga menawarkan penyewaan alat snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut dengan harga yang terjangkau. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati dan berkeliling melihat hutan bakau di sebelah selatan pantai menggunakan perahu boat dengan harga yang juga masih terjangkau. 

Tapi sayang, pantai yang indah bak surga ini masih kalah dengan pantai yang ada di pulau Lombok dari segi kunjungan wisatawan.

Ke depan, pemerintah daerah akan terus mengembangkan destinasi pantai Jelenga dengan cara melengkapi fasilitas, membuat jalan sepanjang pantai, memperbanyak lapak hingga mempromosikannya terus menerus agar kunjungan wisatawan dari Lombok dapat berkunjung ke pantai Jelenga.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar