Amman Mineral kembangkan wisata pantai Jelenga Sumbawa Barat

id AMNT,Pantai Jelenga,Sumbawa Barat

Amman Mineral kembangkan wisata pantai Jelenga Sumbawa Barat

Pantai Jelenga di Desa Jelenga, Kabupaten Sumbawa Barat, NTB. (Foto Antaranews/AMNT)

Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi wisata pantai yang tinggi dan salah satu objek wisata yang potensial untuk dikembangkan adalah pantai Jelenga
Sumbawa Barat (ANTARA) - PT Amman Mineral mengembangkan wisata pantai Jelenga untuk memulihkan industri pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, pascagempa bumi.

Head of Corporate Communications PT Amman Mineral Nusa Tenggara, Anita Avianty, mengatakan program tersebut sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) untuk membantu menggerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

"Kabupaten Sumbawa Barat memiliki potensi wisata pantai yang tinggi dan salah satu objek wisata yang potensial untuk dikembangkan adalah pantai Jelenga," katanya.

Ia mengatakan pengembangan wisata pantai di Desa Jelenga, Kecamatan Jereweh tersebut, dilakukan bekerja sama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Asri, Desa Jelenga.

Pengembangan obyek wisata tersebut dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas dan pelayanan penunjang wisata di pantai Jelenga yang akan meningkatkan daya tarik bagi wisatawan.

"Kami ingin menjadikan pantai Jelenga sebagai tempat wisata yang nyaman untuk wisatawan domestik maupun mancanegara," ujar Anita.

Melalui kemitraan dengan Pokdarwis Alam Asri, pihaknya ingin memberdayakan masyarakat sekitar untuk bersama-sama mengembangkan usaha-usaha baru yang dapat menunjang sektor pariwisata di wilayah tersebut.

Berbagai usaha yang bisa dikembangkan, seperti membangun penginapan, rumah makan, aneka usaha kerajinan tangan.

Anita menambahkan melalui inisiatif tersebut diharapkan perekonomian masyarakat dapat terus ditingkatkan.

"Dengan berbagai usaha yang berkembang akan membuka peluang kerja dan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan pendapatan asli daerah," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Sumbawa Barat, I Gusti Sumbawanto, mengapreasiasi Pokdarwis Alam Asri, dan Amman Mineral yang telah bersinergi mengembangkan obyek wisata pantai Jelenga.

"Hitam putihnya pariwisata ini tergantung pokdarwis. pokdarwis yang maju adalah yang bisa menjalankan Sapta Pesona, yaitu tidak ada sampah berserakan, aman, bersih, rapi, indah, tertib, sejuk dan ramah tamah," katanya.

Ketua Pokdarwis Alam Asri, Jibrata Utama, juga mengucapkan terima kasih kepada Amman Mineral yang sudah memberikan kepercayaan untuk ikut berkontribusi memajukan dunia pariwasata daerah.

"Kami berharap pantai Jelenga dapat menjadi sentral pariwisata di Kabupaten Sumbawa Barat, dan mengajak semua pihak untuk sama-sama menjaga obyek wisata tersebut," ujarnya.

AMNT (Amman Mineral) adalah perusahaan tambang terbesar kedua di Indonesia yang mengoperasikan tambang tembaga dan emas di Batu Hijau, di Kabupaten Sumbawa Barat.

Sejak awal 2018, Amman Mineral telah memperkenalkan paradigma baru dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial perusahaan yang berfokus pada tiga program yaitu, agribisnis, pariwisata dan pengembangan usaha mikro kecil.

Pengembangan obyek wisata pantai Jelenga merupakan salah satu bentuk implementasi dari paradigma baru program tanggung jawab sosial Amman Mineral. (*)