KPU Sumbawa Barat gelar penarikan nomor urut

id Pilkada Sumbawa Barat

"Mulai besok (Kamis, red) kita sudah memasuki masa kampanye. Kami sebagai penyelenggara berharap pasangan calon, simpatisan dan masyarakat untuk terlibat aktif menjaga kondusivitas agar pilkada berjalan lancar dan sukses,"
Sumbawa Barat (Antara NTB) - Komisi Pemilihan Umum Sumbawa Barat melaksanakan rapat pleno terbuka penarikan nomor urut pasangan calon bupati/wakil bupati, Rabu.

"Kegiatan tersebut dirangkaikan dengan deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama untuk menciptakan pilkada damai oleh tiga pasangan calon yang telah ditetapkan oleh KPU," kata Ketua KPU Sumbawa Barat Khaeruddin di Taliwang, Rabu.

Dia menyebutkan, ketiga pasangan calon itu adalah W Musyafirin - Fud Syaefudin (paket F1), H Mala Rahman - Iwan Panjidinata (paket Mapan) dan pasangan HM Nur Yasin - Masra Jayadi (paket NurMas). Mereka hadir di lokasi kegiatan didampingi oleh pimpinan parpol pengusung serta tim kampanye masing-masing.

Pantauan Antara, masing-masing pasangan hanya diperkenankan membawa maksimal 25 orang anggota tim kampanye. Bahkan, aparat melakukan pengamanan berlapis mulai dari jalan raya depan hotel sampai pintu ruang aula tempat rapat pleno berlangsung.

Setiap undangan diperiksa dengan metal detector, termasuk tas dan barang bawaan lainnya. Sementara ribuan simpatisan masing-masing pasangan calon memadati jalan raya di depan hotel yang terletak persis di pintu gerbang kompleks KTC itu.

Dalam penarikan nomor urut pasangan calon, paket Mapan yang diusung Partai Gerindra, Golkar dan Demokrat, mendapat nomor urut satu, paket NurMas mendapat nomor urut dua dan paket F1 mendapat nomor urut tiga.

Ratusan simpatisan pasangan calon langsung riuh ketika pasangan calon yang didukung memperlihatkan nomor urut yang didapat. Suasana dalam ruangan rapat pleno menjadi hiruk pikuk. Imbauan Ketua KPU Sumbawa Barat yang memimpin rapat pleno melalui pengeras suara agar simpatisan tenang tidak digubris.

Sejumlah aparat kepolisian dan brimob terpaksa masuk ke dalam ruangan untuk menenangkan para simpatisan. Meski demikian rapat pleno terbuka itu berlangsung lancar sampai selesai. Ketiga pasangan calon juga membaca dan menandatangani komitmen untuk pelaksanaan pilkada dan kampanye damai.

Suasana riuh juga terjadi di halaman dan jalan raya di depan hotel dimana ribuan simpatisan sudah menunggu dan menyambut pasangan calon yang didukung dengan sukacita. Mereka juga telah menyiapkan stiker pamflet dan atribut lainnya sesuai nomor urut yang didapat pasangan calon yang didukung.

Sebelum meninggalkan lokasi, ketiga pasangan calon juga didaulat oleh KPU untuk melaksanakan deklarasi akbar kampanye damai di hadapan para simpatisan.

Karena itu, pihaknya meminta kepada pasangan calon dan tim pemenangannya menjaga komitmen yang telah ditandatangani untuk menciptakan Pilkada dan kampanye damai.

"Mulai besok (Kamis, red) kita sudah memasuki masa kampanye. Kami sebagai penyelenggara berharap pasangan calon, simpatisan dan masyarakat untuk terlibat aktif menjaga kondusivitas agar pilkada berjalan lancar dan sukses," katanya. (*)