Newmont masuk dalam jajaran terdepan industri pertambangan

id PT Newmont

Newmont masuk dalam jajaran terdepan industri pertambangan

Sejumlah alat berat mengangkut material tambang di pit Batu Hijau PT Newmont Nusa Tenggara (PT NNT) Sekongkang, Taliwang, Sumbawa Barat, NTB (Antara Foto) (1)

"Kami merasa sangat terhormat bahwa kinerja ekonomi, lingkungan dan sosial perusahaan diakui sebagai yang terbaik"
Mataram (Antara NTB) - Newmont Mining Corporation terpilih masuk dalam Dow Jones Sustainability World Index sebagai salah satu perusahaan terdepan dalam industri pertambangan untuk ke sembilan kali secara berturut-turut.

"Kami merasa sangat terhormat bahwa kinerja ekonomi, lingkungan dan sosial perusahaan diakui sebagai yang terbaik dalam sektor pertambangan oleh Dow Jones Sustainability World Index," kata President dan Chief Executive Officer Gary Goldberg, melalui rilis yang diterima Antara, di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Senin.

Tahun ini, Dow Jones Sustainability World Index (DJSI World), salah satu indeks sustainabilitas yang sangat dihormati, memasukkan 317 perusahaan dunia yang diidentifikasi sebagai perusahaan-perusahaan dengan kinerja terdepan dalam bidang ekonomi, lingkungan hidup dan sosial.

Newmont merupakan perusahaan tambang emas pertama yang masuk dalam DJSI World ini pada 2007 dan untuk DJSI North America Index, Newmont masuk daftar setiap tahun sejak 2006.

Menurut Gary Goldberg, penilaian prestasi kinerja yang diberikan DJSI World, merefleksikan komitmen serius Newmont Mining Corporation ((NYSE NEM), terhadap sustainabilitas sebagaimana yang ditunjukkan oleh para karyawan perusahaan.

"Setiap hari kami fokus pada penciptaan nilai dan peningkatan kualitas hidup melalui praktik tambang yang bertanggung jawab dan berkelanjutan. Hal ini menghasilkan kondisi kerja yang aman dan kesempatan yang baik bagi para karyawan; pengembangan ekonomi berkelanjutan di masyarakat tuan rumah kami, dan manfaat yang kuat serta prospek yang baik bagi para pemegang saham dan pemangku kepentingan yang lainnya," ujar Gary.

Selain masuk dalam jajaran terdepan di sektor industri pertambangan, Newmont memperoleh nilai tertinggi di beberapa bidang seperti strategi iklim; sistem manajemen atau kebijakan lingkungan hidup, kewarganegaraan perusahaan dan filantropi, praktik ketenagakerjaan serta hak asasi manusia.

DJSI World melacak kinerja 2.500 perusahaan ternama di seluruh dunia, dengan mengevaluasi secara mandiri kinerja jangka panjang di sektor ekonomi, lingkungan hidup dan sosial.

Sepuluh persen teratas untuk para perusahaan yang menunjukkan kinerja terdepan dari masing-masing industri dipilih. DJSI mengevaluasi perusahaan-perusahaan berdasarkan beragam kriteria, seperti transparansi, tata kelola perusahaan, manajemen krisis dan risiko, manajemen dan kinerja lingkungan, strategi iklim, risiko air, pelibatan pemangku kepentingan, pengembangan masyarakat lokal, praktik tenaga kerja, hak asasi manusia dan keselamatan kerja.

Newmont merupakan salah satu perusahaan tambang emas dan tembaga terbesar di dunia. Newmont mempekerjakan sekitar 27.000 karyawan dan kontraktor, yang sebagian besar bekerja di daerah operasi Newmont di Amerika Serikat, Australia, Peru, Indonesia, dan Suriname.

Perusahaan ini adalah satu-satunya perusahaan tambang emas yang terdaftar di S&P 500 index dan pada 2007 menjadi satu-satunya perusahaan tambang emas yang diakui di DJSI Dunia.

Newmont merupakan perusahaan dengan kinerja terdepan dalam hal penciptaan nilai, yang didukung dengan kinerja terdepan di bidang teknis, lingkungan hidup, sosial dan keselamatan kerja. Newmont didirikan pada 1921 dan sahamnya diperdagangkan secara publik sejak 1925. (*)