TOSHIBA - FUJITSU GABUNGAN BISNIS SELULAR

id



Tokyo (ANTARA) - Raksasa teknologi Toshiba dan Fujitsu, Kamis, mengatakan bahwa mereka akan menggabungkan bisnis telepon selularnya di Jepang untuk menjadi produsen ponsel terbesar kedua di negara itu.

Kedua perusahaan telah memutuskan untuk bergabung tangan untuk memperkuat pengembangan handset mereka, terutama dalam hal pembuatan smartphone.

Toshiba akan mengalihkan bisnis ponsel ke sebuah perusahaan baru yang akan mulai diluncurkan pada Oktober, di mana Fujitsu akan mengakuisisi mayoritas saham.

"Dengan menggabungkan kekuatan teknologi dan pengetahuan pengembangan ponsel mereka, Fujitsu dan Toshiba bermaksud untuk meningkatkan pengembangan kemampuan handset mereka dan pada saat yang sama meningkatkan efisiensi usaha," ujar pernyataan bersama mereka.

Langkah ini akan membuat produsen ponsel nomor-dua negara itu dengan pangsa pasar domestik 18,7 persen setelah pemimpin industri Sharp yang memiliki pangsa 26,2 persen.

Fujitsu membuat ponsel untuk operator seluler terkemuka Jepang, NTT DoCoMo.

Toshiba terutama memasok ke operator terkemuka kedua KDDI, meskipun merilis produknya ke NTT DoCoMo dan Softbank.

Pembuat telepon seluler Jepang menyesuaikan kemitraan mereka, karena mereka melihat untuk mendongkrak pangsa pasar mereka di sektor ponseln dalam negeri yang jenuh dan kompetitif, sementara mencoba untuk memperluas ke luar negeri.

Fujitsu dan Toshiba merencanakan untuk menandatangani kontrak terakhir pada akhir Juli, demikian AFP. (*)