Rumah BUMN Lombok Barat membantu UMKM melalui pelatihan intensif

id Rumah BUMN,PLN UIW NTB,Pelatihan UMKM

Rumah BUMN Lombok Barat membantu UMKM melalui pelatihan intensif

Sejumlah ibu-ibu pelaku UMKM bersemangat mengikuti pelatihan tatap muka yang diberikan oleh petugas Rumah BUMN di Kabupaten Lombok Barat, NTB. (ANTARA/HO/PLN NTB)

Mataram (ANTARA) - Rumah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang dikelola oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Barat memiliki program pelatihan intensif bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Lombok Barat yang ingin mendapatkan akses pemberdayaan.

Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilauah (UIW) NTB, Taufiq Dwi Nurcahyo, di Mataram, Minggu, menjelaskan pelatihan intensif adalah kunjungan petugas Rumah BUMN ke lokasi pelaku UMKM untuk melakukan pelatihan dan pendampingan tatap muka secara "one-on-one" selama hampir dua bulan.

Kegiatan pelatihan instensif sebagai salah satu solusi di masa pandemi COVID-19 tersebut bertujuan agar pelaku usaha dapat segera mengaplikasikan materi pelatihan pada usaha yang di jalankannya, dengan harapan materi terserap secara optimal.

"Langkah itu diambil untuk menutupi kekurangan pelatihan yang dilakukan secara virtual (daring), sehingga peningkatan kompetensi dan perkembangan usaha dapat termonitor," katanya.

Taufik mengatakan materi pelatihan akan disesuaikan dengan kebutuhan UMKM melalui survei awal yang dilakukan oleh petugas Rumah BUMN.

Tersedia beberapa tema pelatihan meliputi permodalan, manajemen keuangan, video dan foto produk, public speaking, strategi penjualan dan pemasaran, costumer database dan masih banyak lagi lainnya. Jika ditotal, pelaku UMKM akan mendapatkan lebih dari 20 kali kunjungan dengan tema yang berbeda-beda.

"Itu merupakan upaya PLN bersama Rumah BUMN Lombok Barat untuk tetap memberikan pelatihan kepada UMKM di tengah pandemi dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan," ujar Taufiq.

Salah seorang pelaku usaha, Suriani Octavia Utami Florist, pemilik dari Altaniza Florist mengaku setelah dilatih secara intensif oleh Rumah BUMN Lombok Barat mengalami perubahan peningkatan keahlian dalam hal strategi promosi, pencatatan keuangan, dan manajerial pegawai.

"Alhamdulillah setelah mendapatkan pelatihan dari Rumah BUMN Lombok Barat produk menjadi lebih baik dan usaha mengalami kenaikan omset selama masa pandemi ini," ucap Suriani.

Hingga saat ini, telah terdaftar sebanyak 10 UMKM dalam masa mengikuti program pelatihan intensif.

Rumah BUMN Lombok Barat berencana akan menambahkan kuota UMKM di Kabupaten Lombok Barat yang dapat mengikuti program tersebut. Dengan demikian kesempatan UMKM untuk bergabung dan merasakan manfaat dari program pelatihan intensif itu semakin luas.