PANTAI CEMARE POTENSIAL JADI LOKASI "SAIL INDONESIA"

id

      Lombok Barat (ANTARA)- Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat H Muhamad Ali Syahdan mengatakan, Pantai Cemare di Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, potensial menjadi lokasi "Sail Indonesia 2012".
     "Dari segi teknis, Pantai Cemare sangat strategis," katanya usai mengikuti kegiatan bakti sosial penanaman 3.000 pohon bakau di Pantai Cemare, Lembar, Rabu.
     Ia mengatakan, pihaknya akan mengusulkan Pantai Cemara menjadi lokasi "Sail Indonesia 2012".
     Ada beberapa hal yang harus dibenahi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat dalam mempesiapkan diri menjadi tuan rumah 'Sail Indonesia 2012', yaitu  memperbaiki beberapa bangunan fisik pendukung.
     "Misalnya jalan menuju lokasi  serta jembatan harus dilebarkan dan di perbaiki, begitu juga dengan areal parkir," katanya.
          Menurut dia, sebelum penentuaan lokasi, tim terpadu dari pusat dan daerah akan melakukan survei dan merekalah yang akan memutuskan apakah Pantai Cemare layak menjadi lokasi "Sail Indonesia 2012".
        Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Lombok Barat H Subandi menanggapi peluang itu mengatakan pihaknya siap membenahi infrastuktur mulai 2011.
     "Kita masih punya waktu, dan optimistis  Pantai Cemare akan menjadi pusat kegiatan 'Sail Indonesia 2012'," katanya.
     Ia menambahkan, jika "Sail Indonesia 2012" dipusatkan di Pantai Cemare, akan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat pesisir. (*)