Liverpool menyodok tiga besar setelah pungkasi tren positif West Ham

id liga inggris,liverpool,west ham,mohamed salah,georginio wijnaldum,craig dawson

Liverpool menyodok tiga besar setelah pungkasi tren positif West Ham

Penyerang Liverpool Mohamed Salah (kiri) melakukan selebrasi bersama kapten Jordan Henderson setelah mencetak gol keduanya ke gawang West Ham United dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Olimpiade London, Inggris, Minggu (31/1/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/POOL/Justin Setterfield)

Jakarta (ANTARA) - Liverpool menyodok ke tiga besar klasemen Liga Inggris setelah memungkasi tren positif West Ham United dengan membekap tuan rumah 3-1 dalam laga pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion Olimpiade London, Minggu waktu setempat (Senin WIB).

Kemenangan yang disokong raihan dwigol Mohamed Salah dan gol Georginio Wijnaldum itu membuat Liverpool merangsek naik ke posisi ketiga klasemen dengna koleksi 40 poin, menyalip Leicester City (39) yang kalah di pertandingan lebih awal.

Sedangkan West Ham (35), yang harus rela rentetan enam laga nirkalah, empat kemenangan beruntun dan empat laga kandang nirkalah mereka berakhir, sementara tertahan di urutan kelima, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Bahkan posisi West Ham terancam disalip oleh Tottenham Hotspur (33) yang baru akan bermain dalam laga lebih larut.

Juergen Klopp yang bermain tanpa satu pun bek tengah senior menyusul cederanya Joel Matip mendapat masalah tambahan lantaran Sadio Mane cedera dan bahkan tidak tercantum dalam skuat untuk laga kontra West Ham.

Absennya Mane begitu terasa di lini depan Liverpool yang seolah kehilangan opsi serangan ketika Klopp juga memilih mengistirahatkan Roberto Firmino demi memberi kesempatan bagi Divock Origi serta Xherdan Shaqiri.

Babak pertama berlalu hampir tanpa peluang berarti dari kedua tim, kendati Liverpool tampak lebih percaya diri mendominasi penguasaan bola.

Keputusan penting dilakukan Klopp pada menit ke-57 saat ia menarik keluar James Milner digantikan Curtis Jones, yang sempat diwarnai aksi Milner meminta penjelasan dari sang manajer.

Langkah itu terbukti manjur sebab baru beberapa detik merumput, Jones mencatatkan assist ketika umpannya bisa dikendalikan dan diselesaikan sempurna oleh Salah untuk membuka keunggulan Liverpool atas West Ham.

Tertinggal satu gol membuat West Ham berambisi membalas, tetapi mereka malah menjadi korban konstruksi serangan balik klinis dari Liverpool yang menggandakan keunggulan pada menit ke-68.

Berawal dari sepak pojok West Ham yang bisa dihadang Andy Robertson, Trent Alexander-Arnold mengirim umpan silang jauh ke arah Shaqiri yang segera meneruskannya ke tengah kotak penalti di mana Salah berdiri cukup bebas untuk menaklukkan kiper Lukasz Fabianski dalam situasi satu lawan satu.

Sesaat setelah gol itu, Shaqiri ditarik keluar digantikan Firmino, yang belakangan akan berperan penting lagi untuk gol ketiga Liverpool pada menit ke-84.

Berawal dari kerja sama umpan satu dua dengan Alex Oxlade-Chamberlain, Firmino menyodorkan bola matang ke arah Wijnaldum yang tinggal mencocornya di mulut gawang untuk memperbesar keunggulan Liverpool 3-0 atas tuan rumah.

Tiga menit berselang, West Ham sempat membalas melalui sontekan jarak dekat Craig Dawson yang memanfaatkan situasi sepak pojok, tetapi gol itu hanya menjadi pelipur lara sebab waktu terlalu singkat bagi The Hammers untuk menghindari kekalahan 1-3 dari Liverpool.

Kedua tim dijadwalkan kembali merumput pada Rabu (3/2) nanti saat West Ham bertandang ke markas Aston Villa sedangkan Liverpool menjamu Brighton & Hove Albion di Anfield dalam upaya melanjutkan tren kebangkitan mereka.
 
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021