ACT menyalurkan bantuan makanan untuk korban banjir di Dompu

id ACT NTB,Banjir Dompu,Bantuan Makanan

ACT menyalurkan bantuan makanan untuk korban banjir di Dompu

Relawan ACT-MRI memberikan bantuan makanan dan air minum kepada korban banjir yang mengungsi ke tenda darurat di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, NTB, Kamis (11/3/2021). ANTARA/HO/ACT

Mataram (ANTARA) - Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Nusa Tenggara Barat menyalurkan bantuan bahan makanan dan air minum untuk korban banjir di Kecamatan Hu'u, Kabupaten Dompu, Kamis.

Penyaluran bantuan dilakukan oleh para relawan ACT dan Masyarakat Relawan Indonesia, di Desa Daha, dan Marada, Kecamatan Hu'u, dengan total jumlah penerima manfaat sebanyak 100 orang.

"Penyaluran bantuan makanan dan minuman oleh para relawan merupakan rangkaian bantuan yang telah dipersiapkan untuk korban banjir bandang Dompu," kata Kepala ACT Cabang NTB Juaini Pratama.

Selain untuk meringankan beban warga terdampak banjir, menurut dia, bantuan makanan tersebut juga bertujuan agar warga sekitar terhindar dari penyakit.

Juaini menambahkan memasak makanan saat situasi usai banjir dikhawatirkan akan menyebabkan makanan diolah kurang higienis sehingga berpotensi menimbulkan penyakit.

"Kami persiapkan bantuan makanan agar warga tidak kesulitan memasak. Mengingat rumah warga sempat tergenang akibat banjir," ujarnya.

Banjir bandang kembali terjadi di Kecamatan Hu'u Kabupaten Dompu, Selasa (9/3), sekitar pukul 17.00 WITA karena intensitas hujan cukup tinggi yang mengguyur kecamatan tersebut sejak sore hingga malam hari.

Data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Dompu menyebutkan sebanyak 470 keluarga terdampak dan belasan rumah rusak berat dihantam banjir.

Sebelumnya, ratusan rumah di tiga desa di Kecamatan Hu'u, pada 28 Februari 2021 diterjang banjir akibat hujan deras di wilayah tersebut.

Banjir bandang tiba-tiba menerjang ketika warga sedang tertidur pulas sekitar pukul 02.00 Wita. Akibatnya, ratusan rumah di tiga desa sekaligus mengalami kerusakan parah dihantam banjir tersebut.
Pewarta :
Editor: Riza Fahriza
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar