TIPS BERINTERNET BAGI ANAK-ANAK DARI YAHOO!

id



Jakarta (ANTARA) - Yahoo! Safely yang diluncurkan pada hari Selasa di Indonesia menyediakan rujukan bagi orang tua, pendidik, dan anak muda  antara lain soal mencegah pelecehan di dunia maya (cyber-bullying).

Siaran pers Yahoo! yang diterima ANTARA, menyebutkan bahwa peluncuran tersebut bersamaan dengan kampanye "Hari Internet yang Lebih Aman" (Safer Internet Day), bekerja sama dengan ICT Watch, organisasi nirlaba yang didirikan tahun 2002 di Jakarta dan telah mendirikan program internet sehat (http://internetsehat/org) dengan slogan "Wise While Online, Think Before Posting".

"Indonesia adalah negara terbesar keempat di dunia dan memiliki pertumbuhan tercepat dalam penetrasi internet," kata Country Manager Yahoo! Indonesia Pontus Sonnerstedt.

Yahoo! Safety dan ICT Watch akan berkolaborasi sepanjang tahun dan berpartisipasi pada beberapa kegiatan untuk membawa konten Yahoo! Safety kepada remaja, orang tua, pendidik dan pengguna internet baru.

Tips dari Yahoo! untuk mendukung Safer Internet Day (www.saferinternet.org) adalah :

    * Pertimbangkan sebelum mengirim posting; cara main game, berbagi foto dan teks, serta desain avatar menegaskan jati diri kita. Berinvestasilah pada citra online kita
    * Bermainlah secara sportif;  game virtual bisa menyenangkan namun ingatlah untuk menghargai pemain lain.
    * Ambil tindakan dan laporkan pelecehan; diam, hanya menonton bahkan tertawa  ketika menyaksikan pelecehan membuat kita menjadi bagian dari masalah. Manfaatkan peluang untuk menciptakan perubahan positif.
    * Bagilah senyum dengan telepon ; yang kita tulis, misalnya lewat SMS, adalah cermin diri. Jadi, pikirkan baik-baik agar teks anda mencerminkan diri anda secara tepat
    * Tarik diri dan berhubunganlah dengan dunia nyata.; Kita hidup di dunia digital tanpa henti, namun jangan lupa untuk sesekali menari diri, keluar dan berinteraksi dengan teman di dunia nyata. (*)